Uncategorized

Wajib Tahu! Berikut 5 Cara Mengobati Kista Tanpa Operasi

Sebagai seseorang yang didiagnosa penyakit kista, jangan panik dulu. Pasalnya kista adalah tumor jinak yang berbentuk benjolan di jaringan normal. Kista bisa ditangani dengan mudah asal penangannya bisa secepat mungkin dan tepat. Salah satunya cara mengobati kista tanpa operasi bisa menggunakan bahan alami dan mengubah pola hidup. Lebih lengkapnya simak berikut ini.

Cara Mengobati Penyakit Kista Secara Alami Tanpa Operasi

  1. Rutin Minum Obat

Apabila anda merasa memiliki kista, maka langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang cocok dengan tubuh anda dan memberikan konsultasi agar kista bisa sembuh tanpa operasi. Salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi obat – obatan yang diberikan oleh dokter.

Dokter akan memberikan resep obat minum seperti pil KB. Pil KB digunakan sebagai obat kista guna menghambat hormon pertumbuhan kista baru di sekitar ovarium. Selain itu, rasa nyeri yang ditimbulkan kista juga dapat diredakan oleh obat pil KB, ibuprofen, naproxen hingga paracetamol. Anda perlu berkonsultasi ke dokter telebih dahulu mengenai obat.

  1. Menggunakan Mahkota Dewa

Mahkota dewa memiliki kandungan zat aktif berupa alkoid, polifenol, dan saponin yang berperan untuk anti bakteri dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta vitalitas. Selain kandungan tersebut, mahkota bunga juga memiliki plavonoid yang dapat digunakan sebagai anti radang guna mengurangi rasa sakit akibat dari pembengkakan. Tentu ini bisa mengatasi kista secara alami.

  1. Olahraga

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan gejala kista adalah dengan melakukan olahraga rutin. Pada aktivitas olahraga dapat membantu penderita kista untuk mencapai berat badan ideal. Dimana adanya berat badan ideal ini akan menghambat adanya kista dalam tubuh. Rasa nyeri juga bisa reda karena otot yang menjadi kencang.

  1. Terapi Panas

Cara mengobati kista tanpa operasi dapat dilakukan dengan terapi panas. Dalam hal ini yang dimaksud terapi panas dapat dengan berendam dalam bath up yang berisi air panas atau mengompres bagian perut dan punggung belakang selama 20 menit. Terapi panas ini akan meningkatkan sirkulasi darah menjadi normal dan dapat mengatasi nyeri akibat kista.

Itulah berbagai cara alami untuk mengatasi kista tanpa melakukan operasi. Akan lebih baik apabila dapat mencegahnya dengan melakukan olahraga rutin dan menjaga pola makan. Namun apabila anda sudah terlanjut terdiagnosa kista, akan lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu dan dapat mengkonsultasikan langkah apa yang tepat bagi anda.