Kendaraan bermotor zaman sekarang sebenarnya sudah cukup canggih dan sangat memperhatikan segi keamanan pemilik dan pengendara motor itu sendiri. Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan motor kemalingan atau kecurian. Seperti yang Kita ketahui bersama, banyak sekali maling motor dengan beragam metode yang mereka lakukan.

Sebagai pemilik motor, Anda pun harus adaptasi dan menggunakan sistem keamanan yang bisa dilakukan. Hal ini juga banyak dibahas di media online karena banyak yang ingin tahu tentang tips agar motor aman dari maling. Segala bentuk pencurian akan merugikan banyak pihak, terutama si pemilik motor itu sendiri. Jadi, marilah sadar dan melek serta mawas diri untuk menghindari pencurian motor dan lainnya.

Tips Agar Motor Aman dari Maling

Pencuri zaman sekarang sudah cukup pandai dan memiliki beragam teknik atau menghalalkan segala cara untuk mendapatkan motor curian. Oleh karena itu, Anda harus pandai juga membuat mereka kerepotan mencuri motor milik Anda hingga akhirnya menyerah. Sebagai tindakan pengamanan, berikut ini langkah sederhana yang bisa dilakukan sebagai tips agar motor aman dari maling antara lain:

  • Kunci Setang Menghadap Kanan

Banyak yang belum tahu perbedaan antara kunci setang motor menghadap ke kiri dan kanan karena selama ini dikira sama saja. Padahal, kunci setang adalah tindakan keamanan pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pencurian motor. Jika sebelumnya Anda terbiasa mengunci setang motor menghadap ke arah kiri, maka mulai sekarang ganti menghadap ke kanan.

Kenapa begitu? Perlu Anda ketahui bahwa ternyata mengunci setang motor ke kanan lebih aman daripada menghadap ke kiri. Hal ini karena ruang gerak pembobolan motor akan lebih sempit jika motor dikunci setang menghadap ke kanan. Para pencuri pun tidak berani mengambil risiko untuk motor yang dikunci menghadap ke kanan. Selain itu, adanya Secure Key Sutter juga sangat membantu mengamankan motor Anda.

  • Memanfaatkan Side Stand Switch

Teknologi Side Stand Switch pada motor ternyata juga bisa digunakan untuk tips agar motor aman dari maling. Sama seperti pada poin pertama, teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat maling kerepotan saat mencuri. Teknologi ini merupakan teknik pemutusan aliran listrik pada motor sehingga saat digunakan

Perangkat Tambahan untuk Keamanan Motor

Selain cara atau teknik sederhana seperti di atas, Anda pun bisa memasang alat atau perangkat tambahan untuk keamanan motor Anda. Bagi pemilik motor Kawasaki, jangan lupa untuk download Kawasaki Vulcan manual agar lebih tahu bagaimana cara perawatan dan pengoperasian motornya. Nah, berikut ini beberapa pengaman tambahan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  1. Pasang Alarm Tersembunyi

Pemasangan alarm sangat tepat untuk tambahan keamanan motor Anda, karena terbukti dapat menghentikan maling yang sedang beraksi. Bunyi alarm akan membuat maling resah dan kelimpungan lalu tidak jadi mencuri motor Anda. bunyi ini juga membantu menarik perhatian orang di sekitar agar bisa membantu memergoki si maling. Letakkan alarm di tempat tersembunyi agar maling tidak mengetahuinya.

  1. Pasang Gembok

Nah, salah satu tips agar motor aman dari maling juga bisa dengan memasang gembok tambahan pada cakram atau rantai belakang. Cara ini cukup banyak dilakukan masyarakat karena dapat menambah proteksi dan keamanan motor serta membuat aksi maling menjadi lebih sulit. Jenis gembok untuk pengamanan motor ada bermacam-macam seperti Grip Lock, U-Lock, D-Lock ataupun Disk Lock dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya akan dibahas lebih lengkap tentang ketiga jenis gembok tambahan pada motor, antara lain:

  • Grip Lock

Grip Lock merupakan jenis gembok yang ukurannya kecil dan bisa dipasang pada rem, tuas, gas, kopling, rantai maupun cakram motor. Gembok model ini sudah banyak dijual di pasaran dan harganya juga murah atau hanya sekitar 80 ribu rupiah.

  • U-lock atau D-Lock

Selanjutnya, untuk gembok jenis U-Lock atau D-Lock ukurannya lebih besar dan dipasang pada cakram motor. Sesuai dengan namanya, gembok ini berbentuk seperti huruf U/D, menggunakan dua metode yaitu dengan kunci dan kode kombinasi.

  • Disk Lock

Untuk Disk Lock, Anda bisa memasangnya pada lubang ventilasi cakram di bagian depan maupun belakang. Disk Lock juga ada yang dilengkapi dengan alarm sehingga lebih aman.

Itulah beberapa tips agar motor aman dari maling dan tindakan pencurian yang saat ini kerap terjadi. Selain itu, juga bisa memodifikasi body motor sehingga maling enggan mencuri motor karena terlalu mencolok dan mudah dikenali saat hilang. Jangan lupa juga untuk parkir motor di tempat yang aman dan awasi dari kejauhan.