Uncategorized

Tips Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan Secara Caecar

Melahiran merupakan proses yang menggembirakan sekaligus menegangkan bagi seorang ibu. Zaman yang semakin modern ini, proses kelahiran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan melalui operasi caesar. Permasalahan yang dihadapi ibu setelah melahirkan secara caesar pun beragam, mulai dari bekas operasi yang sulit hilang, hingga perut yang menjadi lebih buncit. Perut yang buncit selain mengganggu kenyamanan, juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi perut buncit pada wanita setelah melahirkan secara caesar.

  1. Memperbanyak minum air putih

Banyak mengkonsumsi air putih dapat mencegah kenaikan berat badan. Cara yang tepat mengkonsumsi air putih agar perut buncit bisa lebih dikecilkan yaitu dengan meninumnya setelah bangun tidur. Walaupun terlihat sepele, mengkonsumsi air putuh ini dinilai sangat efektif untuk membuat perut menjadi lebih rata. Selain itu konsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari juga dapat melancarkan metabolisme dan membuat tubuh menjadi lebih baik.

  1. Melakukan senam

Salah satu senam yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut buncit yaitu senam kagel. Senam ini bisa dilakukan dengan duduk, berdiri, berbaring, atau dengan berjalan kaki. Jika senam ini dilakukan dengan baik dan benar, maka dapat memperkencang otot perut hingga membuatnya kecil seperti sedia kala. Gerakan ringan juga lebih dianjurkan, agar luka bekas caesar tidak terbuka.

  1. Konsumsi makanan sehat dan tepat

Dikutip dari Health, ada beberapa jenis makanan yang mampu memperkecil bentuk perut. Beberapa diantaranya yaitu, timun, alpukat, semangka, seledri, serta kacang-kacangan. Selain itu mengatur pola makan juga sangat penting untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

  1. Beraktivitas

Dikutip dari Boldsky, wanita pasca melahirkan dianjurkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari sebagai salah satu cara menutunkan berat badan. Pada awal masa pasca melahirkan, banyak wanita merasa was-was untuk melakukan aktivitas seperti sebelumnya. Padahal dengan selalu bergerak, maka tubuh akan membakar lemak, yang tentu akan membuat berat badan turun. Aktivitas ringan lebih dianjurkan, agar bekas luka akibat operasi Caesar tidak terbuka.

  1. Menyusi anak secara langsung

Menyusui anak secara langsung selain dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara, juga dapat membakar lemak tubuh.