Uncategorized

Tips Membuat Taman Kecil Di Lahan Sempit

Memiliki taman di depan atau dibelakang rumah selain membuat suasana lebih sejuk juga menjadi salah satu indikasi rumah sehat. Sehingga banyak orang baik yang mempunyai rumah besar atau kecil menyisakan sedikit tempat guna cara membuat taman kecil di depan rumah.

Kurangnya lahan memang menjadi salah satu problem yang dialami banyak orang, terlebih bagi mereka yang tinggal diperumahan. Namun meskipun anda hanya memiliki lahan terbatas, anda tetap bisa memiliki taman lho dengan cara membuat taman kecil di depan rumah. Berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan ketika akan membuat taman:

  1. Pilih desain sesuai fungsi dan keinginan

Sebelum membuat rencanakan terlebih dahulu desain taman yang anda inginkan. Anda bisa memilih desain sesuai fungsi taman misalnya, seperti kebun bunga atau kebin sayur. Sesuaikan ukuran lahan yang akan digunakan, serta untuk meminimalisir kerusakan pisahkan jalur akses taman dengan penghuni rumah. Namun anda juga bisa membuat jalur pijakan atau setapak.

  1. Lokasi

Salah satu hal yang dapat menentukan kesuksesan anda dalam merawat tanaman adalah pemilihan lokasi yang tepat. Umunya lokasi taman banyak diletakkan di depan rumah karena tanaman bisa langsung terekspos sinar matahari agar tumbuh maksimal.

  1. Persiapan lahan

Kemudian proses selanjutnya adalah persiapan lahan yang akan digunakan untuk menanam tumbuh-tumbuhan. Sebelum anda menanami lah dengan bunga atau sayuran, bersihkan terlebih dahulu areanya dari sampah dan rumput ilalang, kemudian gemburkan tanah menggunakan sekop.

  1. Maksimalkan kualitas tanah

Tidak semua tanah bisa digunakan untuk menanam tumbuhan secara maksimal. Oleh karena itu agar lebih subur anda bisa menambahkan unsure hara tanah dengan pupuk organic.

  1. Pilih tanaman

Setelaj media tanam siap, selanjutnya adalah menanam tanaman yang anda inginkan. Pilihlah tanaman yang cocok dengan berbagai iklim dan cuaca lingkungan agar tanaman tidak mudah layu atau mati.

  1. Rawat secara rutin

Setelah anda menanan tanaman yang diinginkan, maka selanjunya lakukan perawatan secara konsisten. Meliputi menyiram tanaman, membersihkan dari hama serta memberikan pupuk sesuai takaran.