Hiburan

Daftar 5 Tempat Wisata di Turki Paling Hits dan Digemari

Turki, negara yang berada tepat di perbatasan wilayah benua Eropa dan Asia memang dikenal menyimpan banyak sejarah dan keindahan. Negara di Semenanjung Balkan tersebut memiliki sejarah peradaban Islam yang sangat menarik. Faktor itulah yang membuat biro travel umroh seperti https://www.hayatuntour.com/ memasukkan Turki ke dalam daftar kunjungan.

Di Turki akan bisa ditemukan banyak jejak sejarah perkembangan Islam yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Berkunjung ke Turki selain berjalan-jalan juga sekaligus mempelajari bagaimana sejarah agama Islam di daratan Eropa. Sebuah perjalanan religius yang akan menambah wawasan dan ilmu keislaman kita. Tidak heran kalau paket perjalanan ke Turki makin banyak peminatnya.

Kehidupan masyarakat Turki yang penuh dengan kerukunan dan toleransi juga menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Selain itu Turki memiliki banyak destinasi wisata yang unik dan indah antara lain sebagai berikut.

5 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Turki

Blue Mosque

Bicara tentang Turki rasanya tidak akan bisa dipisahkan dari sebuah masjid yang sangat terkenal dan selalu ramai pengunjung ini. Bahkan Blue Mosque, begitu sebutan untuk masjid tersebut telah menjadi semacam ikon dari Turki. Masjid dengan arsitektur indah tersebut memang berbeda dari masjid lainnya.

Dibangun pada zaman dinasti Ottoman yang ke 14 oleh Sultan Ahmed 1, keunikan paling nyata dari masjid tersebut adalah warnanya yang biru. Itu disebabkan oleh pemakaian keramik biru yang menutupi kubah dan dinding masjid. Masjid di Istanbul tersebut memiliki 6 buah menara yang menambah keunikannya.

Hagia Sophia

Bangunan masjid unik dan bersejarah bukan hanya Blue Mosque di Istanbul saja tetapi ada juga di tempat lainnya. Namanya adalah Hagia Sophia yang memiliki sejarah cukup panjang dan menarik. Dulu pada awalnya Hagia Sophia merupakan bangunan yang dipergunakan sebagai masjid dan juga gereja. Memang awalnya dibangun untuk gereja ortodoks dengan desain arsitektur indah ala Byzantium.

Namun seiring dengan perjalanan waktu kini Hagia Sophia hanya difungsikan sebagai masjid tanpa merubah arsitektur aslinya. Itulah yang membuat masjid tersebut menarik untuk dikunjungi dan menjadi terkenal. Selain Blue Mosque, inilah masjid yang juga menjadi ikon bagi negara Turki. Di Hagia Sophia juga terdapat museum yang menyimpan sejarah kejayaan Turki di masa lalu.

Galata Bridge

Kalau ingin bisa menikmati dan menyaksikan pemandangan indah dari 2 benua yaitu Eropa dan Asia datanglah ke Galata Bridge. Jembatan yang dibangun pada tahun 1836 tersebut tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Keunikan dari tempat ini yaitu bangunannya yang terdiri dari 2 tingkat. Pada jembatan bagian atas difungsikan sebagai sarana transportasi kendaraan dan pejalan kaki.

Sedangkan pada bagian bawah jembatan kita akan bisa menemukan banyak resto dan kafe yang sangat cocok dijadikan tempat menikmati pemandangan. Waktu terbaik untuk datang ke Galata Bridge adalah waktu sore menjelang malam hari agar kita bisa menyaksikan sunset yang indah.

Kota Konya

Kalau berkunjung ke Turki sebaiknya memang tidak melewatkan Kota Konya karena di sana akan ditemukan banyak jejak sejarah. Konya merupakan kota tua yang ada di Turki sehingga wajar jika peradaban negara tersebut banyak tersimpan di sana. Bisa dikatakan Konya merupakan pusat kebudayaan religius di Turki. Konya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam dari Ankara dan 10 jam dari Istambul.

Beberapa peninggalan sejarah peradaban sekaligur destinasi wisata menarik yang ada di Konya antara lain adalah :

  • Tarian sufi yang juga cukup sering disajikan dalam acara-acara keagamaan di Indonesia.
  • Museum Muvlana merupakan tempat untuk menyimpan karya dari Jalaludin Rumi, barang pribadi dan juga makam dari sastrawan tersebut.

Topkapi Palace

Memang Turki kaya akan bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur yang unik salah satunya adalah Topkapi Palace. Bangunan tersebut tadinya merupakan rumah tinggal sultan yang dibangun pada tahun 1459. Sebagai tempat tinggal raja atau sultan pada masa itu jelaslah kalau Topkapi Palace dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Beberapa fasilitas yang dulunya digunakan untuk keperluan keluarga sultan antara lain adalah rumah sakit, asrama, sekolah dan perpustakaan. Bukan hanya itu saja, Tokapi Palace juga dilengkapi dengan masjid dan taman yang indah. Jadi sangat disayangkan kalau berkunjung ke Turki tapi melewatkan untuk datang ke bangunan bersejarah tersebut.

Anda akan bisa menyaksikan dari dekat bangunan dengan gaya arsitektur eropa klasik yang unik tersebut. Di samping itu juga kita akan mempelajari sejarah Turki di tempat tersebut karena saat ini Tokapi Palace difungsikan sebagai museum.