Jawa Timur menyimpan banyak sekali wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata modern dan lain lain. Salah satu wilayah Jawa Timur yang menarik dikunjungi adalah Kabupaten Banyuwangi.

Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten yang punya tempat di Jawa Timur yang punya destinasi keren. Banyuwangi sendiri adalah”pintu gerbang” menuju Bali. Sebelum ke pulau dewata, anda menyeberang melintasi pelabuhan ketapang Banyuwangi kemudian tiba baru di Gilimanuk Bali.

Di Banyuwangi, terdapat beberapa spot menarik. Mulai dari pantai, savana, gunung dan spot lainya yang sayang kalau dilewatkan. Apa saja? Dikutip dari Hargatiket.net ini dia daftar tempat wisata di Banyuwangi yang Hits.

1.  Kawah Ijen

Pertama, ada kawah Ijen. Kawah ini terletak di gunung Ijen dengan ketinggian  2.443 mdpl. Eksotisme api biru di Kawah Ijen menjadi daya tarik utama. Lokasi kawah Ijen di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

2.  Jawatan Benculuk

Kedua, ada Jawatan Benculuk yang indah dan alami. Lokasinya nampak hijau ditumbuhi aneka pepohonan dan tanaman menjalar. Sinar matahari semakin membuat tempat ini cantik.

Jawatan Benculuk ada di desa Benculuk yang ada di kecamatan Cluring dan masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam buka: Setiap hari sampai jam 18.00

Harga tiket masuk 2,000 IDR/orang.

3. Air Terjun Coklak, Glenmore

Ketiga, ada air terjun Coklak, Glenmore. Tebingnya indah dan warna airnya beragam. Menuju kesini harus treking beberapa waktu, namun setibanya disana rasa lelah perjalanan dibayar lunas oleh indahnya air terjun coklak.

Lokasi tempat wisata ini ada di desa Tegalharjo yang ada di kecamatan Glenmore dan masuk di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

4. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Banyuwangi berikutnya, ada taman nasional Baluran. Ini mirip alam savana Afrika.

Disini banyak spot yang dapat dieksplorasi. Mulai dari padang savana yang luas, kehidupan hewan liar, hutan hijau, goa Jepang, teluk sampai dengan bangunan candi.

Taman Nasional Baluran ada di Wongsorejo dan untuk Jam buka: Senin-Jumat, 07.30 – 16.00, untuk Harga tiket masuk: 15,000 IDR/orang( wisatawan lokal ) dan 150,000 IDR/orang (wisatawan mancanegara).

5. Bangsring Underwater

Tempat wisata di Banyuwangi selanjutnya, ada Bangsring Underwater. Cocok untuk snorkeling dan menikmati keindahanya.  Bangseing Underwater berada di Kecamatan Wongsorejo.

Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 18.00

Harga tiket masuk gratis: Tiket masuk cuma bayar Rp.5000 untuk retribusi menyeberang ke Rumah Apung.

6.  Puncak Sejati Gunung Raung

Puncak Sejati adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang layak dikunjungi, utamanya bagi pendaki.  Disana ada kaldera begitu luas. Ketinggian gunung raung sendiri yaitu 3.344 mdpl.

Lokasi puncak sejati gunung Raung ada di Banyuwangi, Jawa Timur.

7. Air Terjun Pertemon

Tempat wisata di Banyuwangi selanjutnya ada di air terjun Pertemon.

sepanjang perjalanan menuju kesini anda disuguhi pemandangan gunung indah dan alami. Lokasi Air Terjun Pertemon tepatnya ada di Desa Bayu yang ada di Kecamatan Songgon,  dan masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi,.

8.  Air Terjun Bayu Lor

Bayu Lor lebih dikenal merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang hadirkan suasana perkebunan. Tapi kalau dieksplor lebih dalam, disana ada air terjun yang indah luar biasa. Airnya deras, jatuh membentuk undakan.

9. Tempat Wisata di Banyuwangi Lainnya

Nah itulah tadi beberapa tempat wisata di Banyuwangi. Selain beberapa daftar diatas, masih banyak tempat wisata di Banyuwangi berikutnya. Seperti misalnya pantai pulau Merah, pantai Plengkung, dan banyak lagi. Jika berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke spot spot keren di sana.