Uncategorized

Susu Kacang Almond yang Kaya Manfaat

Almond adalah salah satu kacang yang cukup populer di dunia. Biasanya kacang ini dijual bersamaan dengan makanan-makanan sehat lainnya, karena memang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kacang almond kaya akan nutrisi. Sebesar 1 ons (28 gram) kacang almond mengandung sejumlah nutrisi penting, yaitu 3,5 gram serat, 14 gram lemak (9 gram di antaranya lemak tak jenuh), dan 6 gram protein.

Beragam kandungan baik yang ada dalam kacang almond membuat banyak orang mengkonsumsinya. Biasanya, kacang almond dikonsumsi dengan secara langsung sebagai kudapan. Ada juga yang mengkonsumsinya sebagai tambahan cereal. Mereka yang yang intoleran terhadap susu hewani, seperti susu sapi, bisa menggantinya dengan susu protein nabati dari almond. Bagaimana caranya?

Untuk membuat susu dari kacang almond, Anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan yang terbilang mudah. Bahan yang perlu disiapkan, yaitu 200 gram kacang almond mentah, 400 ml air matang (hangat), gula atau madu secukupnya. Jika untuk kebutuhan diet atau mengkontrol gula darah, sebaiknya gunakan madu sedikit saja.

Alat yang dibutuhkan untuk membuat susu kacang almond atau biasa dikenal susu almond hanyalah blender dan saringan. Cara yang pertama adalah rendam kacang semalaman atau bisa juga direndam selama 2 hari agar kacang almond semakin empuk. Setelahnya, tiriskan kacang dan blender bersama dengan air hangat hingga halus.

Langkah selanjutnya, saring kacang almond yang telah halus diblender hingga tersaring hanya sari-sari almondnya. Anda juga bisa menghaluskan kembali sisa almond yang tersangkut pada saringan. Setelahnya, hangatkan susu almond dan tidak perlu sampai mendidih, cukup meletup sebentar. Kemudian angkat dan masukkan madu. Minumlah susu almond homemade Anda rutin.

Beberapa manfaat dari susu almond ini di antaranya menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh, sehingga bisa mencegah penyakit kanker. Selain itu, susu almond juga membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, hingga ginjal. Vitamin E dalam almond mampu melindungi sel, sehingga mampu meminimalisasi kemungkinan resiko penyakit Alzheimer.