Pengetahuan

Struktur Organisasi Kelas dan Pembagian Tugasnya

Kelas merupakan salah satu tempat yang di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama. Nah untuk memudahkan berbagai hal termasuk dalam berkoordinasi, maka dibentuklah struktur organisasi kelas. Iya kelas menjadi organisasi kecil di sekolah yang menjadi sebuah miniatur pemerintahan yang dijalankan dalam ruang lingkup yang lebih kecil. Di dalam kelas terdapat struktur organisasi kecil yang terdiri dari beberapa bagian beserta tugasnya masing-masing.

Pada umumnya sekolah-sekolah sudah menerapkan struktur organisasi di kelas sejak dini bahkan sejak di bangku dasar. Hanya saja model organisasi di pendidikan dasar dibuat dengan sederhana yang tentu akan semakin berkembang tergantung dengan tingkat pendidikan. Iya pada umumnya memang organisasi kelas akan berjalan pa jenjang pendidikan SMA/SMK berbagai jurusan mulai dari teknik, hingga konveksi baju.

Pada usia-usia SMA siswa mulai terbuka untuk melakukan hal baru yang didorong dengan keinginannya sendiri. Pada usia-usia ini pada umumnya terdapat siswa yang berani mengajukan diri menjadi ketua kelas dan sebagainya. Nah pada umumnya, struktur organisasi kelas dibagi menjadi beberapa bagian.

Beberapa Bagian Struktur Organisasi

1. Wali Kelas

 

Wali kelas pada umumnya juga dimasukkan ke dalam struktur organisasi kelas. Pasalnya disini wali kelas berperan sebagai pembina dalam sebuah organisasi kelas. Tugas-tugas wali kelas disini diharapkan dapat menjadi pendorong, motivator, memberikan pengarahan, serta memberikan solusi ketika organisasi kelas menemukan masalah. Atau lebih simpelnya, sebagai penasihat.

2. Ketua Kelas

Ketua kelas merupakan seorang yang menjadi pemimpin dan punya kedudukan paling atas pada struktur organisasi kelas. Adapun beberapa tugas pokok dan fungsi ketua kelas adalah sebagai berikut:

  • Menjadi seorang pemimpin atau leader yang membawahi devisi atau seksi sekaligus menjadi penanggung jawab bagi kelasnya.
  • Memberikan ide-ide tentang kegiatan atau pengembangan organisasi.
  • Memberikan arahan atau perintah kepada anggota organisasi kelas.
  • Pada umumnya juga menjadi pemimpin musyawarah atau diskusi serta menetapkan hasil atau keputusan dari musyawarah tersebut.
  • Memberikan evaluasi kinerja bawahan atau pengurus-pengurus yang lainnya.
  • Menjadi penghubung antara siswa dengan wali kelas.

Nah untuk menjadi ketua kelas yang baik tentunya juga harus memiliki kriteria atau karakter. Adapun karakter yang tepat menjadi seorang ketua kelas yaitu tegas, memiliki jiwa kepemimpinan, mudah bergaul dengan teman-temannya, asik ketika diajak bicara, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat membangun kedekatan dengan guru atau wali kelas.

3. Wakil Ketua Kelas

Dalam hal ini, wakil ketua kelas pada umumnya akan mendampingi ketua kelas serta membantu ketua kelas dalam semua kinerjanya. Wakil ketua kelas juga dapat berperan sebagai teman diskusi pertama kali sebelum ketua mengambil suatu kebijakan yang akan dilemparkan ke dalam forum. Adapun tugas-tugas dari wakil ketua kelas yaitu sebagai berikut:

  • Mendampingi dan membantu ketua kelas dalam berbagai tugasnya.
  • Menggantikan ketua kelas jika berhalangan untuk hadir.
  • Menjadi teman diskusi, memberikan saran atau masukan kepada ketua kelas mengenai berbagai sudut pandang dalam mengambil suatu keputusan.

Nah untuk menjadi wakil ketua kelas yang baik, hendaknya memiliki beberapa karakter seperti jiwa kepemimpinan yang baik, sikap rendah hati, memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, memiliki pandangan yang luas, memiliki kedekatan dengan wali kelas, pastinya memiliki komunikasi yang baik dengan ketua kelas.

4. Sekretaris

Sekretaris menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan dalam sebuah organisasi. Dalam hal ini, sekretaris bukan hanya berperan sebagai tukang tulis, namun juga dapat berperan sebagai asisten dari ketua kelas. Nah berikut adalah beberapa tugas dari sekretaris:

  • Mencatat hasil-hasil musyawarah untuk dijadikan arsip.
  • Mendampingi ketua kelas dalam setiap kegiatan terutama kegiatan-kegiatan musyawarah.
  • Dapat juga berperan memberikan saran kepada ketua kelas.
  • Menyiapkan berbagai perangkat yang diperlukan khususnya dalam hal administrasi yang meliputi surat-menyurat, stempel, dan sebagainya.
  • Turut menjadi seorang yang berhak menandatangani berkas-berkas atas nama organisasi.
  • Tugas utamanya adalah bertanggung jawab atas administrasi kelas mulai dari data anggota kelas, absensi, dan sebagainya.

Nah untuk menjadi sekretaris yang baik, terdapat beberapa karakter yang harus dimiliki mulai dari bertanggung jawab, memiliki keterampilan mencatat, menguasi berbagai bidang office, dan pastinya memiliki komunikasi yang baik dengan ketua kelas.

5. Bendahara

Bendahara merupakan bagian yang identik dengan keuangan. Sebenarnya selain itu bendahara juga berfungsi untuk mengatur berbagai material yang dibutuhkan untuk pengembangan kelas. Misalnya pada kelas jurusan konveksi baju, bendahara juga bertugas mengatur anggaran tentang pembelian bahan-bahan untuk belajar membuat baju, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah tugas bendahara:

  • Bertanggung jawab terhadap pencatatan keuangan baik itu uang masuk hingga uang keluar.
  • Bertanggung jawab untuk memberikan laporan keuangan.
  • Mempertimbangkan serta memperhatikan arus keluar masuk keuangan kelas bersama dengan ketua kelas.

Seorang bendahara hendaknya memiliki beberapa karakter seperti jujur dan amanah, bertanggung jawab, memiliki sifat yang teliti dan cermat terutama terhadap angka-angka, memiliki manajemen keuangan yang baik, serta menguasai office untuk membuat laporan.

Nah itu dia beberapa bagian yang terdapat dalam struktur organisasi kelas yang paling mendasar atau bagian inti. Selain itu, bisa juga dikembangkan dengan menambahkan berbagai devisi seperti devisi pendidikan, devisi keamanan, devisi kebersihan, devisi kerohanian, devisi seni dan olahraga, dan masih banyak lainnya dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.