Kesehatan

Beberapa Gejala Serangan Jantung Ketika Olahraga

Serangan jantung dapat terjadi disebabkan oleh terhambatnya aliran darah yang menuju jantung. Penyebab utama dari keadaan tersebut adanya penyakit jantung koroner merupakan kondisi tersumbatnya pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantug ini disebabkan oleh banyaknya kolestrol yang membentuk plak pada dinding pembuluh darah.

Melakukan olahraga atau melakukan aktifitas fisik dengan rutin memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa membuat tubuh sehat namun juga bisa membakar lemak dalam dengan memperbaiki metabolisme dalam tubuh, dengan olahraga juga kita bisa mengontrol kesehatan mental seperti stres.

Untuk kesehatan jantung American Heart Assosition mengungkapkan dengan melakukan aktivitas fisik ini sangat dibutuhkan agar dapat mengatur tekanan dan kadar kolestril dan dapat menghambat penyakit kardiovaskular.

Tetapi bagi kamu yang sebelumnya tidak pernah melakukan olahraga yang berat, sebaiknya kamu melakukan cek kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan tubuh kamu. Sebab, bila salah melakukan olahraga ini malah bisa menimbulkan masalah pada jantung kamu.

Dr Vienna Rossimarina DpJP adalah dokter spesialis jantung dan pembulub darah mengungkapkan “ ketika olahraga, jantung akan melakukan kerja dengan lebih berat untuk bisa memenuhi kebutuhan energi yang besar. Oleh karena itu jika mengalami masalah pada jantung, maka akan ada beberapa hal yang bisa terjadi pada jantung,” ungkapnya.

Tetapi hal tersebut jangan sampai membuat kamu tidak melakukan olahraga sama sekali. Bila melakukan olahraga dengan tepat bahkan bisa untuk menurunkan resiko kematian yang mendadak ketika sedang olahraga, yang disebabkan oleh serangan jantung atau henti jantung. Karenan dengan rutin melakukan olahrga tubuh akan dapat mebiasakan diri dan beradaptasi dengan meningkatnya aktivitas tubuh.

Bila kamu mempunyai faktor resiko penyakit jantung serta tidak melakukan aktifitas fisik sebelumnya Dr Vienna Rossimarina SpJP mengatakan untuk meberi perhatian lebih saat mengalami beberapa tanda bahaya yang dialami tubuh sebelum atau saat melakukan olahraga

Tanda bahaya tubuh yang harus diketahui

  1. Nyeri di bagian dada

Hal ini adalah keluhan yang paling banyak dirasakan beberapa orang yang memiliki gangguan pada fungsi jantungnya. Biasanya gejala yang datang yaitu mengalami rasa sensasi jantung seperti diremas atau ditekan pada bagian tengah dada atau dada di bagian kiri. Nyeri yang dialami tersebut bisa mereda ketika melakukan istirahay atau berhenti tidak melakukan olahraga.

Rasa yang tidak nyaman atau rasa nyeri tersebut bisa datang dengan intensitas yang ringan tetapi bisa bertambah kuat, dan bisa hilang kemudian muncul lagi di sepanjang tubuh melakukan olahraga.

  1. Sulit bernapas

Napas yang terlalu pendek dengan mengalami kesulitan ketika mengambil napas ini adalah pemicu bisa terjadi serangan pada organ janung. Saat mengalami keadaan tersebut makan sebaiknya kamu perlu waspada dan untuk segera menghentikan aktifitas yang sedang kamu lakukan.

  1. Aritmia atau detak jantung tidak teratur

Keadaan yang bisa dirasakan biasanya yaitu mengalami debar-debar apa lagi saat irama jantung yang tidak teratur detak jantung yang menurun atau meningkat secara bersamaan. Saat kamu tiba-tiba mengalami jantung yang berdegup kencang, dan dada serasa terpukul-terpukul dan irama jantung yang tidak teratur lebih baik segara menghentikan aktivitas yang sedang kamu lakukan.

  1. Keseimbangan tubuh yang tidak baik

Ciri mengalami gangguan pada fungsi jantung selanjutnya saat kamu merasakan pandangan menjadi gelap dan bisa membuat tubuh menjadi pingsan. Keadaan ini disebabkan oleh jumlah darah yang mengalir ke otak menjadi berkurang.

  1. Keringat tidak normal

Berkeringan saat melakukan olahraga adalah hal yang normal terjadi. Namun perlu diwaspadai bila kamu mengalami keringan dingin ini menjadi sebuat tanda bahwa sesuatu yang tidak normal sedang dialami oleh jantung kamu. Hal ini biasanya dibarengi dengan rasa mual yang merupakan tanda serangan jantung.

Tanda-tanda diatas adalah sebuah peringatan bila jantung tengah mengalami masalah sehingga penting untuk menghentikan aktivitas apapun dan melakukan istirahat segera. Penanganan lebih harus dilakuakn ketika seseorang tengah pingsan dan lemas dengan mendadak.

Orang-orang yang memiliki resiko penyakit jantung:

  • Orang dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Orang dengan penyakit diabetes millitus
  • Kolestrol tinggi
  • Perokok aktif
  • Mempunyai keluarga dengan riwayat penyakit jantung
  • Sudah menopause

Dengan beberapa fakta yang telah dijelaskan di atas, sangat penting melakukan olahraga yang tepat dengan kapasitas tubuh kita. Selain melakukan olahraga juga penting untuk mengatur pola makan dengan asupan gizi yang cukup untuk bisa menutrisi tubuh kamu serta dapat menjaga kesehatan jantung.

Cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah beberapa penyakit jantung dengan memanfaatkan teknologi. Menggunakan terapi dr laser bisa membantu tubuh untuk mencegah penyakit dari organ jantung karena fungsinya untuk bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh serta menjaga organ-organ tubuh lain untuk tetap sehat.

Selain itu sangat penting untuk menerapkan pola hidup yang sehat dengan tidak terlalu banyak memakan makanan yang berlemak, banyak mengonsumsi asupan garam dan penting untuk melakukan olahraga yang cukup agar dapat menjaga kualitas darah dalam tubuh agar tetap baik. Kunci kesehatan tubuh adalah menjalankan pola hidup sehat bila sulit untuk dilakukan sebaiknya memanfaatkan teknologi yang tepat untuk membantu kesehatan tubuh kita.