Uncategorized

Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia Terlengkap

Deskripsi:

Praja muda karana atau lebih dikenal dengan pramuka menjadi kegiatan positif yang ada di Dunia. Kamu harus mengetahui sejarahnya agar dapat menjadi pramuka sejati. Artikel ini akan membantu kamu untuk mendapatkan informasinya.

Artikel:

Pramuka mernjadi salah satu wadah pendidikan non-formal yang menjadi penjembatan untuk pengembangan keterampilan serta pembentukan karakter. Di dunia pramuka sudah mulai ada sejak awal abad 20. Walaupun begitu, Pramuka baru diresmikan di Indonesia pada 1961.

Sejarah Pramuka di Dunia

Sejak awal abad 20, pramuka di prakarsai oleh Baden Powell yang dikenal sebagia bapak pramuka. Perkemahan pramuka pertama kali dilaksanakan pada 25 Juli 1907 di Pulau Brown Sea Inggris. Saat itu Baden Powell menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris.

Di tahun 1908, Baden Powel menulis buku yang berjudul ‘Scouting for Boys’. Buku tersebut berisi tentang prinsip dasar kepramukaan. Buku tersebut menjadi cikal bakal lahirnya gerakan pramuka yang ditandai dengan kemunculan organisasi kepramukaan.

Pada tahun 1922 diterbitkan kembali oleh Baden Powell buku dengan judul Recovering to Success yang menceritakan pemuda yang mengayuh sampan. Buku ini menginspirasi perkembangan gerakan pramuka di dunia.

Jambore Dunia pertama kali dilaksanakan pada 30 Juli hingga 8 Agustus 1920. Jambore diadakan di Olympia Hall, London, yang dihadiri sekitar 8000 anggota pramuka dari 34 negara. Saat itu, Baden Powell dinobatkan sebagai Chief Scout of the World atau Bapak Pandu Sedunia.

Kemudian dibentuklah Dewan Internasional Organisasi Pramuka yang beranggotakan 9 orang. Kota London juga ditetapkan sebagai kantor kesektariatan Pramuka sedunia, yang kemudian berpindah ke Ottawa, Kanada pada tahun 1958 serta ke Geneva, Swiss pada tahun 1968.

Sejarah Pramuka Indonesia

Di Indonesia sejarah pramuka dimulai sejak tahun 1912 dengan didirikannya organisasi Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) bentukan Belanda. Padvinders merujuk pada istilah untuk organisasi Pramuka yang ada di negeri Belanda.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1961, Gerakan Pramuka akhirnya beridiri di Indonsia. Pada tanggal 14 Agustus 1961, dilakukan pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, serta penganugerahan Panji Gerakan Pramuka. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Pramuka.

Itulah sejarah perkembangan pramuka di dunia dan Indonesia. Melihat sejaranya tentu membuat kamu semakin semangat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara melalui organisasi kepramukaan.