Islam Pengetahuan

Sejarah Masjid Istiqlal

Sebagai salah satu masjid yang terkenal di berbagai mancanegara, ternyata sejarah Masjid Istiqlal berkaitan dengan sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Nama Masjid Istiqlal diambil dari bahasa Arab artinya merdeka, bangunan masjid ini dijadikan sebagai penanda rasa bersyukur atas Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Dibangunnya masjid tersebut juga dijadikan sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para pejuang islam yang telah gugur saat berperang melawan penjajah.

Bentuk kubah Masjid Istiqlal memiliki diameter 45 m sebagai lambang kemerdekaan, selain itu terdapat bulu ukiran ayat kursi yang melingkari kubah. Terlihat sangat mewah bukan? harga kubah masjid seperti itu tentunya cukup mahal di era sekarang ini.

Sejarah Masjid Istiqlal

Melihat sejarah Masjid Istiqlal yang membutuhkan waktu 17 tahun, awalnya pembangunan dilakukan pada tanggal 14 Agustus 1961 yang bertepatan dengan hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebelum pembangun masjid dilakukan Presiden Soekarno melakukan sayembara desain Masjid Istiqlal, beliau menjadi seorang arsitek dan dewan juri. Setelah melakukan penilaian, Ir. Soekarno memiliki Frederich Silaban yang beragama Kristen Protestan menjadi seorang pemenang.

Saat itu, pemerintah memberikan hadiah berupa medali emas seberat 75 gram dan uang Rp. 25.000,00.

Pemasangan tiang pertama dilakukan sebagai penanda dimulainya pembangunan pada tanggal 24 Agustus 1961 saat itu sedang terjadi Musabab Politik. Proses pembangunan Masjid Istiqla selesai dan diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978.

Makna Arsitektur Masjid Istiqlal

Dilihat dari bangunannya yang megah tentunya terdapat makna arsitektur yang melengkapinya, Yuk ketahui di bawah ini.

  1. Masjid Istiqlal Memiliki Kubah Berukuran Besar

Salah satu ciri arsitektur Masjid Istiqlal yaitu mempunyai kubah yang sangat besar dengan diameter 45 meter lambang dari tahun 1945 sebagai tahun proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Masjid ini juga memiliki 12 pilar kokoh yang menopang kubah tersebut, ketahui angka 12 ini berdasarkan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu 12 Rabiul Awwal sekaligus menjadi pertanda ada 12 bulan dalam satu tahun.

  1. Masjid Istiqlal Memiliki 5 Lantai dan 1 lantai dasar

Selanjutnya, makna dari arsitekture yang memiliki 5 lantai dan 1 lantai dasar. Ketahui 5 poin dalam rukun Islam menjadi pengingat kaum muslim untuk melanjalankan solat wajib. Lantai dasar 1 memiliki makna menjadi pilar ketuhanan Islam yang seharusnya diyakini hanya ada satu.

  1. Masjid Istiqlal Hanya Memiliki satu Menara

Berikutya, Masjid Istiqlal juga memiliki satu menara dibangun sebagai bentuk tanda keEsaan Allah SWT. Nah, ketahui bangunan menaranya berlapis marmer dengan ukuran diameter 5 meter dengan ketinggian 66,66 meter yang melambangkan jumlah ayat dalam Al Quran.

Selain itu, menaranya terbuat dari kerangka baja dengan ketinggian 30 meter yang melambangkan jumlah 30 juz dalam Al Qur’an.

  1. Masjid Istiqlal Memiliki Tujuh Pintu dengan nama Asmaul Husna

Ketahui terdapat pula Masjid Istiqlal dengan tujuh pintu dengan tulisan nama Asmaul Husna, terdapat pintu utama yang bernama As Salam, Ar Rozzaq, Al Malik, Al Quddus, dan Al Ghaffar.

Terdapat angka tujuh di pintu sebagai tanda adanya tujuh lapisan kosmologi alam semesta Islam serta memiliki makna ada tujuh hari dalam seminggu.

  1. Kemegahan Arsitektur Masjid Istiqlal Jakarta

Terdapat kemegahan arsitektur Masjid Istiqla Jakarta yang dibangun sangat luas dengan lahan 9,5 hektar yang meliputi bangunan taman, tempat parkir, dan kolam air mancur. Bangunan utamanya terdiri dari gedung utama, lantai dasar, teras raksasa, menara, dan gedung pendahuluan.

Dengan ukuran yang sangat besar tersebut Masjid Istiqlal dapat menampung hingga 100.000 orang jamaah. Terbayangkan betapa luasnya masjid ini kan? dulunya pembangunan ini bisa diselesaikan dengan biaya sekitar Rp. 7 miliar yang makna dan silosofinya sangat tinggi.

Bagian depan lantai utama dihiasi dengan marmer dan kaligrafi, sementara bagian kiri dan kanannya terdapat lafaz Allah dan Muhammad.

  1. Terdapat Kaligrafi dan Dua Kalimat Syahadat

Selanjutnya, terdapat tulisan kaligrafi dan dua kalimat syahadat di bagian ruang tengah, tulisannya terdapat disebuah mihrab dan mimbar untuk melakukan solat Jumat dan solat Id.

Tak heran, sekarang ini banyak kegiatan keagamaan yang dilakukan di Masjid Istiqlal sehingga selalu padat pengunjung setiap harinya.

  1. Terkenal Hingga ke Mancanegara, Dikagumi Tokoh Dunia

Kemegahan masjid Istiqlal membuatnya menjadi terkenal ke seluruh Mancanegara karena banyak tokoh dunia yang mengunjunginya, tak hanya dijadikan sebagai tempat beribadah kini dijadikan juga sebagai tempat wisata Religi.

Pada bulan Maret 2017, kunjungan Raja Arab Saudi ke Masjid Istiqlal Jakarta. Ada juga kunjungan dari Presiden AS ke-44, Barack Obama di bulan November 2010. Bahkan, Presiden AS ke-42 Bill Clinton juga pernah mengunjungi masjid Istiqlal.

Pangeran Charles dari Inggris dan Angela Markel Kanselir Jerman juga pernah berkunjung ke masjid Istiqlal, tak terlewat sejumlah pemimpin dari negara muslim juga pernah mengunjungi masjid ini.Di antaranya yaitu Presiden Libya Muammar Gaddafi, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Selain tokoh penting, setiap bulannya Masjid Istiqlal Jakarta dikunjungi oleh seorang jamaah yang sedikitnya berjumlah 400 wisatawan mancanegara.

Itulah seputar penjelasan mengenai sejarah masjid istiqlal dan beberapa makna arsitekturenya yang memanggil wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya.