Pengetahuan

Beragam Rumus Excel yang Wajib Kamu Ketahui

Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari memang sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Apalagi dalam dunia kerja, komputer dan program-programnya sudah lekat digunakan. Salah satu program komputer yang menjadi andalan untuk melancarkan pekerjaan adalah Microsoft Excel. Software berbasis spreadsheet ini semakin memudahkan dengan banyaknya rumus-rumus yang mampu mempersingkat penghitungan. Lalu, apa saja rumus Excel yang wajib kamu ketahui? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut ini.

Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel

Sebelum membahas tentang rumus dari Excel, ada baiknya kamu memahami dulu apa itu Microsoft Excel dan apa saja fungsinya. Sebagai sebuah spreadsheet, software ini tugas sebenarnya adalah pengolahan data. Maka tidak heran, banyak bidang pekerjaan di dunia ini, mulai dari akuntansi, industri keuangan, statistik dan penelitian, yang sangat bergantung dengan software satu ini.

Tidak hanya berupa bentuk penyajian data saja, Ms Excel juga memberikan kemudahan penggunanya dalam mengolah data dengan beragam fungsi-fungsi yang dimiliki. Adapun fungsi-dungsinya adalah :

  1. Fungsi Kalkulasi

Fungsi ini dipergunakan untuk kalkulasi matematis yang mana sangat akurat untuk penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian.

  1. Fungsi Pengelolaan Data

Untuk pengelolaan data, Ms Excel mampu mengelola database statistik, mencari median, rata-rata, menghitung data, hingga nilai maksimum dan minimum dari data tersebut.

  1. Fungsi Pembuatan Grafik

Tidak berhenti sampai disitu, Ms Excel juga mampu membuat grafik yang sangat berguna untuk pengamatan dan pelaporan data. Contoh dari fungsi ini adalah grafik perkembangan nilai siswa selama 3 tahun, grafik perkembangan jumlah kelahiran selama 5 tahun, hingga grafik perkembangan penduduk selama 10 tahun.

  1. Operasi Tabel

Terakhir, fungsi dari Ms Excel adalah operasi tabel yang mana jumlah kolom pada software ini mencapai 16.384 dengan jumlah baris mencapai 1.084.576. Tentunya, jumlah ini memungkinkanmu tidak akan kekurangan tempat untuk input data yang banyak.

pxhere.com

Kumpulan Rumus Excel Lengkap :

Di dalam Ms Excel, untuk memudahkan pekerjaan maka pihak pengembang tidak hanya menyematkan fungsi dasar saja di software satu ini. Mereka dengan hebatnya menyematkan beragam rumus-rumus yang bisa digunakan untuk mempersingkat hitungan dan memudahkan pengoperasian software satu ini. Jika kamu sedang mencari kumpulan rumusnya, maka kamu bisa melihatnya di ulasan berikut, yaitu :

  1. Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian

Di Excel, kita juga bisa mengerjakan perhitungan matematis yang berisi penjumlahan, pengurangan, hingga perkalian dan pembagian. Sekarang kita misalkan saja ada tabel berisi penjualan dari hari senin di kolom A1 hingga hari minggu di kolom A7. Jika sudah, mari menghitung matematikanya.

Untuk penjumlahan, kamu bisa mencarinya dengan menuliskan rumus SUM, yaitu SUM (A1 : A7). Tanda titik dua ( : ) digunakan sebagai tanda dari tabel tertentu sampai dengan tabel tertentu. Jika tabel ada di kolom B2 hingga B6, maka kamu tinggal menggantinya menjadi SUM (B2 : B6). Sedangkan untuk pengurangan, misal mencari selisih nilai antara A1 dan A2, maka kamu hanya tinggal menuliskan rumus = A1–A2. Tanda minus ( – ) pada Excel berfungsi untuk menggantikan tanda pengurangan.

Untuk perkalian dan pembagian pun sama. Kamu tinggal mengganti tandanya menjadi bintang ( * ) untuk perkalian dan garis miring ( / ) untuk rumus pembagian. Jadi misal targetnya sama, yakni A1 dan A2, maka rumus perkaliannya = A1*A2 dan rumus pembagiannya adalah = A1/A2. Mudah, bukan?

  1. Rumus Rata-Rata, Nilai Minimum, dan Nilai Maksimum

Di Excel, kamu juga bisa mencari rata-rata, nilai minimum, serta nilai maksimum dari sebuah data dengan rumus. Adapun rumus untuk rata-rata di Excel adalah dengan AVERAGE. Jadi misalkan ada tabel dari A1 hingga A7 dan kamu ingin mencari rata-ratanya, maka kamu hanya perlu menuliskan = AVERAGE (A1 : A7).

Jika kamu ingin mencari nilai maksimum dari 7 buah data tersebut, maka kamu bisa menuliskan rumus = MAX (A1 : A7). Untuk nilai minimum pun sama, kamu hanya perlu menulis = MIN (A1 : A7). Harap diingat, huruf di dalam kurung tersebut menyesuaikan mengikuti dimana letak tabel yang ingin dihitung berada.

pxhere.com
  1. Rumus IF

Di dalam Excel, terdapat rumus yang juga sering digunakan. Rumus ini dipakai untuk mengembalikan nilai selepas dicek BENAR/SALAH.

  1. Rumus CHOOSE

Tidak hanya IF, rupanya juga ada rumus CHOOSE yang berguna untuk menampilkan pilihan dengan dasar nomor indeks dan urutan pada VALUE. Isinya tentu saja berupa teks, formula, numerik, juga bisa range.

  1. Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP

Di dunia akuntansi dan keuangan, rumus ini sangat terkenal dan tidak kalah pentingnya dari rumus dasar matematika. HLOOKUP dan VLOOKUP layaknya sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Adapun fungsi dari rumus HLOOKUP adalah untuk menampilkan data sebuah tabel yang susunannya dibuat dengan format mendatar. Syaratnya tentu saja tabel disusun dengan urutan kecil ke besar. Jadi misalkan ada angka 1 – 10, maka kamu harus mengecek urutannya dulu dengan menu Ascending sebelum di ketik rumusnya. Sementara itu, VLOOKUP berguna untuk menampilkan data dengan format vertial. Syarat penyusunannya tentu saja sama dengan HLOOKUP, yakni menaik urutannya.

Demikian ulasan mengenai rumus Excel. Semoga bermanfaat.