Uncategorized

Ragam Singkong Yang Enak Diolah Menjadi Keripik Singkong

 

 

Sebagai masyarakat Indonesia, tentu saja kita sangat mengenal singkong sebagai salah satu bahan makanan yang lezat dan gurih. Ya, benar jika ada banyak sekali olahan yang bisa kita buat menggunakan singkong. Salah satunya adalah keripik singkong.

Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis singkong yang bisa dijadikan sebagai olahan keripik. Anda pun harus mengetahuinya, agar bisa membedakan jenis singkong yang enak maupun kurang enak dibuat sebagai keripik. Yuk, simak ulasannya pada artikel di bawah!

 

Jenis Singkong Untuk Olahan Keripik

Jika kita melihat toko yang menjual olahan keripik singkong, barangkali anda bertanya-tanya terbuat dari jenis singkong apa keripik tersebut. Pun ketika pihak industri telah mencantumkan bahan bakunya namun jika anda tidak terlalu paham, anda juga tidak bisa membedakan jenis olahan kripik tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini jenis-jenis singkong yang perlu anda ketahui :

  1. Singkong Mentega (Singkong Kuning)

Salah satu jenis singkong yang perlu anda ketahui adalah singkong kuning atau singkong mentega. Jenis singkong yang satu ini berwarna kuning, dan seringkali dijadikan sebagai bahan baku keripik. Rasanya manis dan biasanya dijual di pasaran.

  1. Singkong Manggu

Jenis singkong Manggu memiliki kadar pati yang cukup tinggi serta memiliki rasa yang cukup manis. Rasanya enak dan tidak jarang dijadikan sebagai bahan baku keripik singkong.

  1. Singkong Putih

Berbeda dengan Singkong Kuning, Singong Putih memiliki warna putih dengan tekstur yang agak keras. Biasanya, singkong yang satu ini jarang dijadikan sebagai keripik karena teksturnya. Namun jika anda ingin mengolahnya, teknik rebus menjadi metode yang tepat.

  1. Singkong Gajah

Singkong Gajah biasa dijadikan sebagai bahan baku bioetanol seta tepung. Umbi dari Singkong Gajah cukup berat, serta bisa dijadikan sebagai pengganti beras. Rasanya juga cukup manis seperti dilumuri mentega.

  1. Singkong Emas

Jenis singkong yang satu ini merupakan hasil rekayasa antara singkong lokal dengan singkong yang berasal dari Thailand. Biasanya, Singkong Emas dipergunakan untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan komoditas komersil. Namun jenis singkong ini biasa digunakan untuk keripik.

  1. Singkong Mukibat

Singkong yang satu ini mungkin belum terlalu anda ketahui, dan dikembangkan oleh petani asal Jawa Timur yang bernama Mukibat. Singkong yang satu ini bisa anda temui di pasar sebagai bahan baku olahan keripik.

Itulah beberapa jenis singkong yang biasa digunakan sebagai keripik. Jika anda berniat mengolah singkong-singkong tersebut, anda bisa mencari di pasar sesuai dengan jenisnya. Semoga bermanfaat!