Uncategorized

Ragam jenis warna ayam hutan

Ada yang pernah dengar jenis ayam hutan?

Sekilas memang jenis ini tidak sepopuler jenis ayam konsumsi yang banyak terdapat di pasaran, seperti ayam tipe kampung, Jowo, petelur atau lainnya. Hal ini bisa dimaklumi mengingat ayam hutan adalah jenis liar dan tinggal di hutan.

Tapi jangan salah, ayam jenis ini juga banyak diburu oleh beberapa kalangan untuk konsumsi ataupun keperluan lainnya. spesies ini sering disebut sebagai nenek moyang dari jenis ayam-ayam peliharaan. Bahkan uniknya, ragam jenis ayam hutan menggunakan penyebutan berdasarkan warnanya, misalkan ayam hutan merah, hijau, dan kelabu.

Ragam jenis ayam hutan

ayam hutan merah

jenis pertama yakni ayam hutan merah yang melalui penelitian LIPI dianggap sebagai nenek moyang langsung ayam peliharaan, melalui tes DNA. Warna merahnya sendiri terletak pada bagian jambul kepala, lingkaran seputar mata, jenggot, serta surai yang merah kekuningan. Selain itu, mulai bagian punggung hingga ujung ekor berwarna cokelat.

Perbedaan kelamin ayam dapat dilihat melalui ukuran panjang tubuh mereka. Jenis jantan bisa mencapai panjang 78 cm, sedangkan jenis betina lebih kecil yaitu 46 cm. Ayam yang memiliki nama latin gallus gallus ini memiliki peran sangat penting bersama ayam hutan lainnya untuk menjaga kelestarian sistem hutan. Mereka berfungsi menyebarkan biji-bijian melalui proses mencari makanan sehingga akan menumbuhkan pohon baru.

ayam hutan hijau

perbedaan jenis ayam hutan hijau dan merah, selain pada corak warna tubuhnya terletak pada bentuk jengger. ayam hutan hijau tidak bergerigi, sedangkan jenis merah sebaliknya. Warna hijaunya terletak pada bagian leher, tengkuk, serta mantelnya yang mengkilap. Meskipun merupakan jenis spesies liar, namun ayam ini tak elak juga menyimpan tampilan estetik.

Ayam hutan kelabu

ayam hutan mungkin akan sedikit sulit untuk ditemukan di Indonesia karena persebarannya yang banyak ditemukan di wilayah india barat, tengah, dan selatan.  Ayam ini memang memiliki warna kelabu pada bagian leher, tengkuk hingga mantel. Akan tetapi umumnya, warna kelabu ini dilengkapi dengan bintik-bintik hitam putih.

Demikian penjelasan singkat mengenai ragam jenis ayam hutan. Semoga bermanfaat.