Pendidikan

Penjelasan Lengkap Tentang Rumus Present Tense

Mempelajari bahasa Inggris dasar bisa dilakukan dengan mengumpulkan dan menghafal lebih banyak kosakata dalam bahasa Inggris.  Selanjutnya, bisa berlatih untuk mendengarkan, berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Namun, untuk melakukan hal itu Anda juga harus paham dengan struktur kata atau aturan baku pada bahasa Inggris itu sendiri.

Berbicara mengenai struktur kata, setidaknya ada 16 tenses yang perlu dipelajari untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Namun, untuk yang masih baru dalam belajar bahasa Inggris bisa belajar dari yang paling mudah dulu yaitu simple present tense. Selain itu, bentuk kata kerja yang satu ini juga paling sering digunakan atau ditemukan dalam kalimat bahasa Inggris.

Pengertian dan Rumus Simple Present Tense

pexels.com

Present tense adalah bentuk kata dalam bahasa Inggris digunakan untuk menyatakan kejadian, fakta atau kebiasaan yang dilakukan saat ini/masa sekarang.  Sebelumnya, pelajari dulu tentang dua macam Verb-1 yang digunakan pada present tense yaitu verb to be dan verb-1 bare infinitive. Untuk verb to be ada tiga macam yaitu is, am dan are yang memiliki ciri khusus seperti berikut ini:

  • is : untuk subjek tunggal atau singular, kecuali I dan You
  • am : untuk I
  • are : untuk subjek plural atau jamak dan You

Sedangkan verb-1 bare infinitive ada dua macamnya, antara lain:

  • Ditambah s/es untuk subjek tunggal atau singular (contoh: Ahmad, Book) dan orang ketiga singular pronoun (contoh: He, She, It)
  • Tanpa s/es apabila digunakan pada subjek jamak/plural (contoh: Men, Books), plural pronoun (contoh: We, They), I dan You

Rumus simple present dibagi menjadi tiga macam untuk kalimat positif, negatif dan interogatif/pertanyaan seperti berikut ini, antara lain:

  1. Kalimat Positif : S + Verb-1 atau be (am/is/are)
  2. Kalimat Negatif 1 : S + (do/does) atau (am/is/are) + not + Bare Infinitive
  3. Kalimat Interogatif : (do/does) atau (am/is/are) + S + Bare Infinitive?

Nah, itulah tiga rumus utama dalam penggunaan simple present tense dalam struktur kata bahasa Inggris. Jangan lupa untuk verb nya bisa disesuaikan dengan subjek dalam kalimat.

Fungsi dan Contoh Kalimat Present Tense

pexels.com

Nah, untuk kalimat present tense ini bisa digunakan untuk beberapa fungsi seperti berikut ini, antara lain:

  1. Menyatakan Frekuensi Kebiasaan

Beberapa adverb of frequency yang banyak digunakan yaitu always, often, usually, never, everyday dan lain sebagainya. Contoh kalimatnya seperti berikut ini:

  • She sometimes hears a ringing in her ears – Dia (perempuan) terkadang mendengar bunyi dering di telinganya
  • They go to the market everyday – Mereka pergi ke pasar setiap hari
  1. Menyatakan Kebenaran atau Fakta

Dalam hal ini, kebenaran atau fakta yang dimaksud adalah yang tak terbantahkan. Berikut ini beberapa contoh kalimatnya, antara lain:

  • The sun sets in the west – Matahari tenggelam di ufuk barat
  • Water boils at one hundred degrees celcius – Air mendidih pada suhu 100 derajat celcius
  1. Membuat Simple Statement General/Tidak General

Simple statement yang bersifat general maksudnya adalah berlaku secara umum atau kapan saja. Sedangkan yang tidak general yaitu yang menggunakan verb be (is/am/are). Contohnya seperti di bawah ini, antara lain:

  • I live in Mekah – Saya tinggal di Mekah
  • He is so handsome – Dia (laki-laki) sangat tampan/ganteng
  1. Menyatakan Perasaan/Feeling Atau Kepemilikan

Fungsi ini antara lain untuk menyatakan perasaan/feeling, pikiran/mental state, indera/sense ataupun kepemilikan/possession. Berikut ini contoh kalimatnya, antara lain:

  • He loves cooking – Dia (laki-laki) suka memasak
  • My father owns a new car – Ayah Saya memiliki mobil baru
  1. Membicarakan Rencana/Jadwal Masa Depan

Pada fungsi kalimat ini, biasanya membahas tentang transportasi atau event yang akan terjadi di masa depan. Contohnya seperti berikut ini, antara lain:

  • The wedding ceremony starts at ten – Upacara pernikahan dimulai pada pukul 10
  • She arrives from Jakarta at 5 pm – Dia (perempuan) tiba dari Jakarta pada pukul 5 sore
  1. Memberikan Instruksi atau Serial Aksi

Pada fungsi simple present tense yang satu ini, digunakan untuk membuat kalimat perintah atau instruksi seperti berikut ini:

  • You go straight ahead then turn right after the hospital – Kamu jalan lurus ke depan lalu belok kanan setelah rumah sakit
  • You add a cup of water into a pan and then cook it – Kamu tambah secangkir air ke dalam panci lalu masak

Itulah pembahasan tentang materi present tense yang merupakan dasar dalam ilmu struktur bahasa Inggris. Semoga informasinya bermanfaat.