Uncategorized

Pohon Rambutan

Sebagai salah satu jenis buah yang disukai oleh banyak orang tentunya membuat ingin menanamnya pohon rambutan sendiri dengan harapan menghasilkan buah yang lebat. Tetapi, ternyata menanam tanaman buah rambutan tidak semudah yang kita kira loh karena harus melalui cara perawatan yang tepat.

Cara Perawatan Pohon Rambutan

Ketahui cara perawatan pohon rambutan agar tumbuh dengan subur kemudian berbuah denga lebat, berikut ini penjelasan lebih detailnya.

  1. Penyiraman

Langkah pertama untuk merawat pohon rambutan yaitu harus melakukan penyiraman dengan rutin, minimal dua kali dalam sehari yaitu di pagi hari dan sore hari. Tetapi, sebaiknya jangan terlalu sering karena dapat memunculkan penyakit pohon menjadi busuk.

  1. Pemupukan

Hal berikutnya yang harus dilakukan yaitu melakukan pemupukan agar pohon rambutan tidak diairi saja tetapi agar bisa tumbuh subur dengan nutrisi dari pemupukan tersebut. Kalian bisa menggunakan pupuk organis dari buah busuk dan pupuk organik dari garam.

Pupuk yang lebih direkomendasika kalian gunakan yaitu pakailah pupuk NPK dengan bahan kimia dengan dicampurkan untuk pupuk kandang yang jumlahnya sedikit.

  1. Pemangkasan

Selanjutnya, Anda perlu melakukan pemangkasan agar pohon rambutan dapat tumbuh dengan subur, bahkan berbuah lebar. Caranya sangatlah mudah kalian bisa melakukan pemangkasanĀ  ringan untuk cabang yang tidak produktif, pemangkas sedang untuk cabang yang patah dan retak, dan pemotongan untuk cabang yang sudah tua.

  1. Cara Panen Rambutan

Langkah selanjutnya, kalian bisa melakukan cara panen rambutan dengan memetik yang warnanya meah dahulu. Gunakan gunting khusus untuk memotong buahnya, sebelum itu Anda harus memotong tangkainya terlebih dahulu, lalu gunting ranting yang akan memunculkan tunas baru untuk tempat buah panen di masa berikutnya.

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit

Kemudian kalian juga harus mengendalikan hama dan penyakit agar pohon dapat berbuah lebat meskipun hanya di pekarangan rumah. Anda dapat memberikan perhatian khusu dengan lebih serius yaitu melakukan pemangkasan dahan, penyiraman secara teratur, dan memberikan nutrisi pohon menjadi semakin terpenuhi.

Itulah penjelasan mengenai cara merawat pohon rambutan yang akan membuatnya tumbuh subur dan berbuah lebat.