Ketika hendak membeli atau menyewa hunian, Anda mungkin bertanya-tanya apartemen lantai berapa yang bagus dan nyaman? Pasalnya, posisi lantai atas, bawah, atau tengah memang sangat menentukan kenyamanan Anda selama beraktivitas. Sebaiknya pilih lantai apartemen yang memudahkan mobilisasi agar bisa Anda memanfaatkan waktu dengan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi apartemen karena bisa memengaruhi harga jual unit di apartemen tersebut. Apalagi jika lokasi apartemen tersebut berdekatan dengan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh penghuni apartemen.

Apartemen Lantai Berapa yang Bagus?

Pixabay.com

Berbicara mengenai posisi lantai apartemen, kira-kira apartemen lantai berapa yang nyaman untuk dihuni? Kata nyaman di sini sebenarnya cukup relatif serta perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi calon penghuni apartemen. Hal ini disebabkan kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda. Apartemen yang nyaman menurut Anda belum tentu nyaman untuk orang lain.

Lalu, bagaimana cara menentukan apartemen lantai berapa yang bagus untuk Anda? Secara umum, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini untuk memilih posisi lantai apartemen.

  1. Kemudahan Mobilitas

Anda perlu menyesuaikan pemilihan lantai dengan aktivitas yang akan dilakukan selama tinggal di apartemen tersebut. Jika Anda pekerja yang sibuk dan lebih banyak keluar apartemen, lebih baik pilih unit apartemen yang berada di lantai bawah atau tengah.

  1. Faktor Keamanan

Anda juga perlu mempertimbangkan faktor keamanan untuk memilih posisi lantai apartemen. Lalu, apartemen lantai berapa yang bagus dilihat dari segi keamanan? Penghuni lantai bawah pasti lebih mudah dievakuasi jika terjadi gempa atau kebakaran. Namun, tinggal di lantai bawah juga rentan terhadap pembobolan. Jadi, pilihan yang paling memungkinkan dan aman untuk dihuni, yaitu di lantai tengah.

  1. Akses ke Fasilitas Umum

Kemudahan akses ke berbagai fasilitas umum yang ada di apartemen maupun luar apartemen juga menjadi pertimbangan ketikan memilih lantai apartemen. Umumnya, banyak yang memilih lantai bawah karena aksesnya lebih mudah. Namun, ada juga yang apartemen yang menyediakan fasilitas umum di lantai tengah sehingga memudahkan penghuni lantai bawah sampai atas.

  1. Privasi Penghuni Apartemen

Faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah privasi dari penghuni apartemen. Apartemen adalah ibarat sebuah rumah bagi Anda dan tentunya akan sangat tidak nyaman jika privasi terganggu. Tinggal di lantai bawah dengan apartemen menghadap jalanan mungkin tidak cukup untuk menjaga privasi Anda. Jadi, jika menginginkan privasi lebih, lantai tengah dan atas mungkin lebih baik.

  1. View atau Pemandangan

Meski kelihatannya tak terlalu penting, pemandangan atau view apartemen juga patut untuk dipertimbangkan. Faktor yang satu ini juga bisa memengaruhi harga unit apartemen. Umumnya, harga apartemen dengan view yang bagus akan lebih mahal, tetapi banyak dicari. Beberapa view yang ditawarkan oleh pengelola apartemen bisa berupa pemandangan alam, perkotaan, kolam renang, atau taman.

  1. Faktor Kebisingan

Kebisingan juga menjadi faktor yang cukup penting untuk dipertimbangkan oleh penghuni yang lebih menyukai suasana tenang. Jadi, apartemen lantai berapa yang bagus sehingga penghuni terhindar dari kebisingan? Lantai atas akan sangat cocok untuk menjaga privasi dan kebisingan dari luar maupun dari penghuni apartemen lainnya. Namun, Anda juga bisa mempertimbangkan posisi lantai tengah.

  1. Hewan Peliharaan

Beberapa apartemen memperbolehkan penghuni untuk membawa hewan peliharaan di apartemen mereka. Nah, peraturan ini pasti sangat disukai oleh penghuni yang memiliki hewan peliharaan. Lantai dasar adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan karena faktor kemudahan akses untuk membawa hewan kesayangan berjalan-jalan dan bermain di luar agar tidak stres.

Memilih Apartemen Berdasarkan Lokasinya

Pixabay.com

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi untuk memilih apartemen yang layak huni. Jadi, bukan hanya pertanyaan tentang apartemen lantai berapa yang bagus yang perlu dipikirkan, tetapi juga di mana lokasi apartemen yang sebaiknya dipilih.

Mengapa keduanya perlu diperhatikan? Selain untuk dihuni, lokasi dan posisi lantai juga penting untuk diperhitungkan jika ingin melakukan investasi apartemen karena akan memengaruhi harga sewa ataupun harga jual. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mengenai lokasi apartemen.

  • Pertimbangkan jarak dan kemudahan akses menuju kantor dan pusat perbelanjaan.
  • Pilih lokasi apartemen yang aman dan tidak pernah terjadi tindak kejahatan atau pencurian di sekitar lokasi.
  • Jika tinggal bersama keluarga, pilihlah apartemen yang dekat dengan fasilitas rekreasi, seperti taman bermain, restoran, dan lainnya.
  • Pilihlah apartemen yang dekat dengan jasa laundry atau akan lebih baik jika ada fasilitas laundry di dalam apartemen.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih apartemen. Kesimpulannya, ada 3 faktor penting yang perlu diperhatikan, yaitu faktor kenyamanan, keamanan, dan kemudahan akses menuju berbagai fasilitas umum.