Kesehatan

Penyebab Mata Merah pada Anak dan Cara Mengatasinya

 

Mata merah adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh anak. Meski biasanya tidak berbahaya, tetapi ada kondisi tertentu yang harus diwaspadai. Karena itu, mengenali penyebab mata merah pada anak dan cara mengatasinya sangatlah penting.

Penyebab Mata Merah pada Anak

Seperti anggota tubuh lainnya, mata pun bisa mengalami gangguan. Selain masalah penglihatan, gejala gangguan pada mata yang paling sering muncul adalah mata merah. Berikut ini hal-hal yang dapat menyebabkan mata merah pada anak.

  1. Konjungtivitis atau peradangan pada bagian berwarna pink di kelopak mata sebelah dalam yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau alergi.
  2. Iritasi mata akibat debu, asap, atau parfum.
  3. Batuk pilek akibat ISPA atau flu.
  4. Pecahnya pembuluh darah yang ada di bawah konjungtiva.

Penanganan Mata Merah

Secara umum, ada dua cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi mata merah. Anda bisa mengoleskan salep di bagian dalam kelopak mata bawah atau meneteskan obat chloramphenicol atas anjuran dokter.

Jika kedua cara tersebut tidak mempan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Karena mata merah yang disebabkan virus atau bakteri bisa menularĀ  maka yang tidak kalah penting adalah melakukan upaya pencegahan. Hindarkan anak dari kebiasaan buruk, seperti menggosok mata dengan tangan kotor atau berbagi handuk, meskipun dengan keluarga sendiri.