Komponen dalam sepeda motor seperti knalpot dapat berbunyi seperti ledakan atau letusan ketika gas sudah dilepas. Bunyi seperti ledakan dari knalpot ini seharusnya tidak terjadi saat motor sedang digunakan dijalan.

Saat digunakan untuk kecepatan, sedang kemudian Anda langsung melepas tarikan gasnya ada sebagian sepeda motor yang knalpotnya berbunyi aneh. Knalpot yang berbunyi aneh tersebut terdengar seperti sebuah ledakan atau letusan. Anda yang merasakan hal ini bisa jadi akan kaget dan begitu juga pengendara lainnya yang berada didekatnya. Terdapat beberapa penyebab dari knalpot sepeda motor yang menembak atau meledak saat melepas gas.

4 Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Lepas Gas

Permasalahan knalpot yang meledak dapat ditemui pada sepeda motor yang kondisinya tidak normal. Seharusnya pada sepeda motor normal ketika sedang melaju dan kemudian langsung melepas gas itu tidak menembak bunyinya. Namun ada juga sepeda motor dijalanan yang sering Anda jumpai itu berbunyi ledakan atau suara tembakan. Tentunya hal ini tidak ingin dijumpai dimana saja karena ada bagian sepeda motor yang sudah rusak atau karena masalah lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang biasa terjadi saat knalpot motor menembak saat lepas gas.

1. Businya Bermasalah

Salah satu penyebab pertama dari  knalpot motor yang berbunyi seperti ledakan adalah businya sedang bermasalah. Komponen motor dengan ukuran seperti busi memiliki fungsi yang penting karena sebagai pengapian ketika dijalankan. Apabila businya bermasalah tentu bisa disebabkan karena sudah soak atau kotor. Busi yang bermasalah membuat pengapian hingga kinerja knalot saat digunakan tidak sempurna. Sama halnya seperti knalpot yang berbunyi seperti ledakan juga disebabkan oleh busi yang bermasalah ini. Untuk mengatasi hal tersebut  mamangbengkel.com Anda dapat membersihkan businya dan lebih baik lagi apabila komponen tersebut sudah soak agar menggantinya dengan yang baru saja.

2. Tutup Choke Lupa Ditutup

Pembahasan selanjutnya tentang penyebab knalpot motor menembak adalah tutup choke lupa ditutup. Hal ini merupakan sepele dsan sederhana yang terkadang terlewatkan ketika sedang membuka choke. Anda tidak boleh lupa untuk menutup choke lagi agar tidak terjadi suatu masalah. Salah satu masalah yang bisa terjadi saat choke belum ditutup adalah bunyi knalpot seperti meledak ketika gas dilepas. Choke yang lupa ditutup akan menguras banyak bahan bakar karena alirannya besar.

3.  Saluran Mesin Terkendala

Bagian dari saluran mesin yang membuat knalpot berbunyi seperti ledakan ketika di gas adalah selang udaranya. Selang atau saluran udara yang normal seharusnya tidak akan membuat bunyi knalpot seperti meledak. Pada proses pembakaran diperlukan saluran udara yang lancar dan normal tanpa adanya hambatan. Apabila saluran udaranya tidak sesuai dengan kapasitas normalnya maka dapat menimbulkan suara knalpot yang meledak. Bagian karburator termasuk saluran udara pada mesin sepeda motor yang tidak boleh terhambat dan rusak. Karburator harus dalam keadaan normal dan dalam performa terbaiknya agar tidak mengganggu kinerja dari komponen lainnya khususnya knalpot.

4.  Knalpot Sudah Bocor

Penyebab terakhir dari suara knalpot yang menembak saat gas dilepas adalah bocornya komponen motor tersebut. Komponen yang sudah bocor tersebut adalah langsung dari knalpotnya sendiri. Anda dapat mengecek bagian knalpotnya saat berbunyi meledak untuk membuktikan apakah sudah bocor atau tidak. Jika tidak bocor maka dapat disebabkan oleh tiga penyebab sebelumnya yang sudah dijelaskan. Apabila bocor, Anda dapat menambalnya dengan lem besi atau seal tape aluminium yang sudah dimiliki atau membelinya terlebih dahulu.

Pembahasan mengenai penyebab dari kanlpot motor yang menembak sudah dijelaskan. Tentunya setelah menyimaknya, Anda sudah mengetahui hal apa saja yang menyebabkan knalpot motor berbunyi seperti menembak saat gas sudah dilepas.