Uncategorized

Penyebab Dan Cara Menurunkan Penyakit Kuning Pada Bayi Dengan Cepat

Memiliki buah hati tentunya menjadi impian bagi Anda para pasangan baru. Ketika Anda telah memiliki bayi, tentunya Anda harus menjaga kesehatan bayi Anda. Hal tersebut harus dilakukan karena tubuh bayi rentan terhadap penyakit. Terdapat berbagai penyakit yang dialami oleh bayi. Salah satu penyakit yang bisa dialami bayi yaitu penyakit kuning.

Tentunya, Anda akan sangat khawatir ketika bayi Anda mengalami penyakit kuning. Namun, sebaiknya Anda jangan cemas, terdapat berbagai cara menurunkan penyakit kuning pada bayi dengan cepat. Tetapi, sebelum ada mengetahui cara tersebut, alangkah lebih baik Anda mengetahui apa itu penyakit kuning. Penyakit kuning pada bayi ini dalam ilmu kedokteran dikenal dengan nama jaundice.

Terdapat sekitar  60% dari seluruh bayi yang baru lahir mengalami penyakit ini. Bahkan 8 dari 10 bayi premature mengalami sakit kuning. Penyakit kuning yang dialami  bayi disebabkan oleh birilubin yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan yang bisa diolah oleh organ hati bayi, karena organ hati bayi yang belum bekerja secara sempurna. Selain itu, bayi juga akan lebih berisiko mengalami penyakit kuning jika:

  • Terlahir dari ibuyang memiliki diabetes gestasional
  • Terdapat cidera atau memar pada bayi.

Setelah Anda mengenal apa itu penyakit kuning pada bayi. Selanjutnya yaitu cara menurunkan penyakit  kuning pada bayi dengan cepat. Cara yang paling biasa dilakukan yaitu memberikan ASI atau susu formula pada bayi Anda secara rutin dan lebih sering dari biasanya. Kemudian, jemur bayi  Anda dibawah sinar matahari secara langsung selama 15-30 menit. Jemur bayi Anda sekita pukul 06.00-09.00.

Pada saat menjemur bayi, jemurlah bayi Anda dalam posisi telanjang. Selain cara menurunkan penyakit kuning dengan cepat diatas, Anda juga bisa melakukan hal seper dibawah ini:

  • Fototerapi

Fototerapi merupakan cara menurunkan penyakit kuning pada bayi dengan cepat  yang memanfaatkan paparan cahaya khusus. Fototerapi ini membawa efek samping pada bayi seperti timbulnya ruam dan diare.

 

  • Pemberian suntikan imunoglobulin (IVIG)

Pemberian suntikan ini diberikan jika penyakit kuning yang diderita bayi disebabkan oleh golongan darah yang berbeda antara ibu dan bayi. Bayi yang memiliki golongan darah yang berbeda bisa membawa antibodi yang dapat membuat produksi birilubin meningkat.  Pemberian IVIG ini bertujuan untuk mengurangi antibodi tersebut.