Uncategorized

Penyebab bayi seperti menarik nafas saat tidur

Ketika bayi sedang tidur biasanya ada perilaku-perilaku yang mungkin belum begitu dipahami oleh orang tua. Apalagi jika bayi tersebut umurnya masih sangat muda dan baru lahir, maka biasanya bayi akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Namun ada beberapa kebiasaan bayi ketika tidur yang perlu anda ketahui, salah satunya adalah bayi seperti menarik nafas ketika tidur. Apakah bayi seperti menarik nafas ketika tidur itu berbahaya? Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut akan kami berikan penjelasan lebih jelasnya di bawah ini.

Bayi sedang mengatur pernafasan

Seperti kita ketahui, bayi masih berlatih untuk mengatur pernafasan yang sempurna agar bisa menyeimbangkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh melalui paru-parunya. Salah satu contoh bayi sedang mengatur pernapasan adalah ketika bayi sedang tidur, oleh karena itu anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir ketika bayi seperti menarik nafas ketika tidur karena hal itu merupakan hal yang wajar dan alami yang terjadi pada bayi.

Refleks karena tidur tenang

Ketika bayi merasa tidurnya nyenyak dan nyaman maka bayi akan menghela nafas panjang atau menarik nafas ketika sedang tidur. Hal ini merupakan hal yang wajar yang dialami oleh bayi karena ketika bayi tidur nyenyak atau tidur tenang maka bayi akan menghirup oksigen lebih lama dan kemudian tubuh memberikan refleks bangun dan kemudian tertidur lagi. Hal ini merupakan hal yang wajar yang bisa umum terjadi pada bayi yang tertidur dengan nyenyak.

Untuk meningkatkan sistem saraf otonom

Sistem saraf otonom adalah sistem saraf yang berfungsi untuk mengatur fungsi beberapa organ penting diantaranya paru-paru, jantung, sistem pencernaan sehingga sistem saraf ke otak. Perkembangan sistem saraf otonom pada bayi berkembang pesat setelah bayi lahir, oleh karena itu ketika bayi seperti menarik nafas ketika tidur hal ini merupakan hal yang wajar dan bisa jadi bayi tersebut sedang belajar terus meningkatkan sistem saraf otonom.