Uncategorized

Penyebab Bayi Bungkuk yang Wajib dipahami Oleh Para Orang Tua

Bagian terpenting yang dimiliki oleh tubuh manusia yaitu pada bagian tulang punggung atau tulang belakang. Fungsi utamanya yaitu sebagai penyokong badan agar dapat berdiri dengan tegak. Namun sayangnya bagian tulang punggung ini sangat rentan terhadap gangguan, salah satunya yaitu tulang bungkuk atau kifosis. Ada beberapa faktor penyebab bayi bungkuk yang wajib diketahui oleh para orang tua.

Penyebab Bungkuk Pada Bayi

Sebagian orang memang mengira bahwa penyakit tulang bungkuk dapat diderita hanya orang yang sudah berusia lanjut saja. Akan tetapi pada kenyataannya bayi juga mempunyai resiko mengalami penyakit bagian tulang belakang. Agar dapat menghindari bayi bungkuk, maka Anda dapat mengetahui beberapa penyebab bayi bungkuk seperti berikut:

 

  1. Ibu mendudukan anak sebelum waktunya

Saat mengamati perkembangan bayi, memang menjadi momen yang sangat menyenangkan. Bahkan beberapa Ibu juga tidak sabar untuk mengajari anaknya melakukan beberapa hal sebelum waktunya, dengan tujuan supaya pertumbuhan anak lebih cepat. Namun Tahukah Anda? Bahwa mendudukan anak sebelum usianya dapat menimbulkan cedera seperti bungkuk.

 

Alasannya yaitu karena bagian tulang-tulang kecilnya belum terlalu kuat. Pemaksaan belajar duduk yang terlalu dini sangat beresiko terhadap kelainan tulang punggung yang serius. Bagian pinggang, punggung, perut, maupun bahunya dan otot punggung bayi belum kuat menopang tubuhnya secara sempurna.

 

  1. Bayi Kekurangan Nutrisi dan Gizi

Penyebab lain yang menimbulkan bayi tumbuh dengan bungkuk yaitu, karena kekurangan gizi dan nutrisi. Kondisi bayi yang kekurangan nutrisi akan mempunyai tulang yang lemah dan tidak bisa menyangga postur tubuhnya secara sempurna. Sebab itulah, Ibu diharuskan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya dengan memberikan ASI secara cukup.

 

  1. Cara Menggendong yang Salah

Jika posisi menggendong bayi tidak tepat, maka hal ini sangat beresiko terhadap tulang si kecil. Saat menggendong menggunakan selendang, selalu usahakan bahwa tulang punggungnya tidak meliuk atau tertekuk. Sehingga bagian tulang punggungnya harus tegak dan lurus. Apabila tulang punggung terlalu lama berada pada posisi menekuk, maka berisiko mengalami bungkuk.

 

Sebagai orang tua tentunya menginginkan segala sesuatunya yang terbaik bagi si buah hatinya. Begitu juga mengenai tumbuh kembangnya agar buah hatinya selalu sehat dan mempunyai perkembangan sesuai dengan usianya. Sebaiknya para orang tua memperhatikan penyebab dari bayi yang mengalami bungkuk agar tidak beriko serius di kemudian hari.