Saat semuanya telah berkembang dan semakin canggih, Pancasila sebagai dasar negara Indonesia masih sama dan cocok digunakan pada waktu apapun.

Kembali ke awal, nama Pancasila berasal dari sansekerta yang berarti lima asas atau prinsip

Pancasila merupakan dasar negara yang dirumuskan untuk menjadi sebuah pegangan hidup bagi rakyat Indonesia dan juga sebagai syarat mendirikan sebuah negara. Adapula tanggal yang memang diperingati dan diadakan upacara untuk memperingati hari lahir Pancasila pada tiap 1 juli dan 1 oktober untuk hari kesaktian Pancasila.

Pancasila sangat sesuai diterapkan pada era apapun di Indonesia,

apalagi dengan masyarakat Indonesia yang sangat beragam mulai dari suku, bahasa, etnis dan agama. Hanya Pancasila yang mampu menyatukan masyarakat Indonesia. Namun, pada saat – saat tertentu banyak pula oknum yang tidak bertanggung jawab melupakan adanya Pancasila dan membuat peraturan – peraturan yang tidak berdasar serta tidak mementingkan kepentingan rakyat.

Penerapan Pancasila di masa sekarang, pada saat sekolah hingga kuliah terdapat pelajaran mengenai kewarganegaraan dengan maksud untuk tetap mengingat Pancasila sebagai prinsip hidup dan terus digunakan sebagai landasan untuk membuat keputusan apapun hingga menjadikan Pancasila sebagai sumber hukum. Pada beberapa orang mungkin melupakan hal tersebut dan menjadikan Pancasila hanya sebagai dasar negara yang hanya tertempel pada dinding kelas.