Pembuluh darah perlu dibersihkan agar distribusi oksigen dalam darah tidak terganggu. Apabila terjadi penyumbatan, arteri, kapiler, dan pembuluh darah tidak bisa melakukan fungsinya dengan benar. Penyumbatan pembuluh darah dapat terjadi karena adanya penumpukan plak akibat kolesterol.

Pembuluh darah perlu dilakukan pembersihan agar tidak terjadi serangan jantung. Pembersihan pembuluh darah bisa dilakukan menggunakan tanaman herbal. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman herbal pembersih pembuluh darah yang bisa dimanfaaatkan.

Tanaman Herbal Pembersih Pembuluh Darah

Pixabay.com

Arterosklerosis yaitu kondisi dimana pembuluh darah mengalami pengerasan dan penyempitan akibat terjadinya penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat menyebabkan aliran darah ke seluruh organ tubuh menjadi terhambat.

Pembuluh darah yang tersumbat apabila tidak diobati akan menyebabkan penyakit stroke, serangan jantung, dan juga gagal jantung. Untuk mencegah penyakit tersebut maka perlu dilakukan pembersihan pada pembuluh darah.

Pembersihan pembuluh darah bisa dilakukan dengan tindakan medis dan juga menggunakan tanaman herbal. Beberapa jenis tanaman herbal pembersih pembuluh darah yang biasa digunakan oleh Jasa maklon herbal yaitu:

1. Alpukat

Buah satu ini sangat baik untuk dikonsumsi karena mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). Buah alpukat memiliki khasiat dalam membersihkan pembuluh darah.

Selain itu, buah alpukat juga diperkaya oleh vitamin E yang berguna untuk mencegah oksidasi kolesterol dan potassium.

2. Kunyit

Rimpang kaya manfaat ini juga dapat mengurangi pengerasan pada pembuluh darah atau arterosklerosis. Kandungan Kurkumin dalam kunyit memiliki khasiat sebagai antiinflamasi untuk mengurangi peradangan dan mengurangi timbunan lemak pada arteri.

Selain itu, kunyit juga memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri.

3. Bawang putih

Selain sebagai bumbu masak, bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Bawang putih mengandung senyawa antioksidan tinggi yang berfunsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di arteri dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Bawang putih memiliki kandungan vitamin B tinggi yang bermanfaat dalam mengurangi pengerasaan pada pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah dan trombosit.

Konsumsi bawang putih saat perut kosong seperti pil merupakan salah satu cara yang disarankan untuk melakukan perawatan membersihkan dinding arteri.

4. Gandarusa

Tanaman herbal pembersih pembuluh darah satu ini bernama Gandarusa. Gandarusa merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kandungan zat salicylin. Salicylin merupakan salah satu antikoagulan terbaik di alam.

Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman gandarusa dapat dilakukan dengan mengkonsumsinya. Air rebusan serutan kayu gandarusa  dapat diminum 30 menit sebelum sarapan pagi. Aliran darah akan berjalan dengan baik apabila rutin meminumnya.

4. Seledri

Pixabay.com

Sayuran satu ini tidak hanya sedap dimakan, namun juga berkhasiat dalam mengatasi sirkulasi darah yang buruk. Seledri memiliki sifat diuretik dan detoksifikasi. Seledri juga memiliki senyawa yang berkhasiat mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi urin.

Hal tersebut dapat membuat darah menjadi lebih cair dan aliran darah menjadi lebih lancar. Pemanfaatan seledri dapat dilakukan dengan meminum air rebusan seledri secara rutin setiap hari.

5. Jelatang

Tanaman jelatang memiliki daun yang bersisi tajam. Tanaman ini berkhasiat sebagai suplemen zat besi yang baik bagi penderita anemia. Daun jelatang memilkki sifat antikoagulan dan vasodialator yang mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Konsumsi the jelatang dua kali sehari secara rutin dapat membantu mengatasi permasalahan pada peredaran darah.

6. Meadowsweet

Tanaman bunga ini selain memiliki keindahan, juga diyakini dapat melancarkan dan mempercepa aliran darah apabila terjadi gangguan pada sistem pembuluh darah. Meadowsweet memiliki kandungan senyawa yang bersifat antikoagulan dan antiinflamasi.

Meadowsweet dapat dikonsumsi dengan meminum air rebusannya. Air rebusannya ini dapat dikonsumsi tiap hari secara rutin agar tidak aliran darah berjalan lancar.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan nutriasi baik yang mampu menurunkan kolesterol, seperti asam oleat tak jenuh, asam lemak esensial, dan antioksidan. Penggunaan minyakk zaitun unuk menggantikan minyak sawit dapat mengurangi resiko terserang stroke.

8. Gandum

Gandum mengandung Magnesium yang berkhasiat untuk membantu melebarkan pembuluh darah. Konsumsi bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti roti gandum, oamela, dan olahan lainnya dapat membantu menjaga arteri tetap bersih.

Gandum utuh memiliki serat larut yang mampu mengikat kolesterol dalam makanan dan membawanya keluar tubuh.

9. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin K yang dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang dan menjaga kalsium agar tidak merusak arteri.

Brokoli memiliki kandungan serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah rendah, kadar kolesterol, dan mengurangi stress. Stress yang berlebihan dapat merobek dinding sel bakteri dan menyebabkan penyumbatan di arteri.

10. Kayu Manis

Kayu manis memiliki manfaat untuk memperlancar sirkulasi darah. Kayu manis bisa mengurangi potensi serangan jantung apabla dikonsumsi teratur pada dosis yang sesuai.

Kayu manis memiliki kandungan senyawa sinamaldehid dan asam sinamat yang mampu menurunkan tekanan darah melalui pelebaran pembuluh darah selain sebagai obat jantung.

Nah itu tadi beberapa jenis tanaman herbal pembersih pembuluh darah yang bisa digunakan untuk membantu melancarakan peredaran darah dalam tubuh. Semoga bermanfaat.