Uncategorized

Para Ibu Wajib Tahu, Berikut Tips Menjaga Pola Tidur Bayi 0-3 Bulan Agar Tetap Teratur

Bayi baru lahir banyak sekali menghabiskan waktu untuk tidur,biasanya mereka tidur 16 hingga 17 jam dalam sehari. Pada minggu pertama terhitung sejak bayi dilahirkan, kebanyakan bayi terjaga selama lebih dari dua hingga empat jam berturut-turut baik siang maupun malam hari. Siklus tidur bayi jauh lebih pendek dari orang dewasa. Berikut beberapa tips menjaga pola tidur bayi 0-3 bulan agar tetap baik.

Tips Menjaga Pola Tidur Bayi

  1. Ajarkan Perbedaan Siang Dan Malam

Beberapa bayi ibarat burung hantu yang terus terjaga saat anda membutuhkan istirahat. Tapi setelah ia mencapai usia dua minggu, anda bisa mulai mengajarkan perbedaan siang dan malam. Saat ia terjaga dan terbangun di siang hari, perbanyak interaksi dengannya. Biarkan ruangan terang benderang. Tak perlu meminimalisir suara-suara seperti telepon, musik, atau mesin cuci. Jika ia tertidur saat disusui, bangunkan ia kembali, dan lanjutkan beraktivitas bersamanya.

Pada malam hari, jangan mengajaknya bermain saat ia terbangun. Kurangi pencahayaan dan suara bising. Jangan perbanyak berbicara dengannya. Dia perlahan akan menyadari bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur. Selain itu, anda harus berpegang pada jadwal bangun tidur dan konsisten menepatinya.Meski bayi sering terbangun di malam hari, bukan berarti anda dan si kecil bisa bangun beberapa jam lebih lambat dari biasanya.

Banyak tidur di siang hari memang menjadi pilihan menarik bagi anda berdua, tapi hal ini tak membantu untuk tidur dengan tenang di malam hari. Saat siang hari jangan biarkan bayi tertidur dalam periode yang lama. Oleh karena itu untuk menjaga pola tidur bayi 0-3 bulan agar tetap baik maka anda harus ajarkan perbedaan siang dan malam pada mereka sejak kecil.

  1. Kenali Tanda Kelelahan Pada Bayi

Pada usia 6 hingga 8 minggu pertama, bayi tidak mampu terjaga lebih lama dari dua jam berturut-turut. Jika anda menunggu lebih lama untuk menidurkannya, dia akan kelelahan dan kesulitan untuk tertidur. Perhatikan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh si kecil. Apakah ia menggosok-gosok mata, menarik telinga, atau lebih rewel dari biasanya. Jika anda mendapati tanda tersebut, itu artinya si kecil sudah mengantuk dan ingin segera tidur.

  1. Biarkan Si Kecil Tidur Sendiri

Saat usia awal kelahiran, anda bisa mulai mengajarkan si kecil untuk tidur dengan sendirinya. Lakukan dengan meletakkannya di tempat tidur saat ia mengantuk tapi masih terjaga, demikian saran Jodi Mindell, dari The Sleep Disorders Center di Rumah Sakit Anak Philadelphia yang juga penulis buku berjudul Sleeping Through the Night.

 

Mindell tidak setuju dengan cara mengayun-ayun bayi untuk membuatnya tertidur meski usianya masih sangat dini. Orangtua mengira apa yang mereka lakukan di awal usia bayi mereka tidak akan memberi dampak apa-apa. Tapi sebenarnya ada dampak yang ditimbulkan, ketika bayi diayun-ayun maka mereka akan mudah terlelap dan tertidur pulas.

Itulah beberapa tips menjaga pola tidur bayi agar tetap teratur yang bisa dilakukan oleh para ibu dirumah. Lakukan rutinitas waktu tidur dengan memulainya di awal malam agar anda punya cukup waktu untuk melakukan kegiatan lain sebelum tidur. Pilih kegiatan pendek seperti cuci tangan bayi sebelum mereka tidur atau ceritakan dongeng agar si kecil menjadi terlelap.