Dikenal sebagai kota tak pernah tidur, Jakarta memiliki banyak hal menarik untuk kita jelajahi, mulai dari kekayaan sejarah, budaya hingga kuliner. Tak lupa banyaknya buah tangan khas kota Jakarta yang dapat kita beli untuk teman dan keluarga di rumah. Pada saat kita ingin membeli oleh oleh khas kota Jakarta yang kekinian, kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Hampir di semua sudut kota Jakarta menyediakan oleh oleh khas yang kekinian dan terkenal. Untuk mengenal lebih jauh akan oleh oleh tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Oleh Oleh Khas Jakarta Kekinian dan Populer

Kerak telor merupakan kudapan khas kota Jakarta yang dapat kita jadikan oleh oleh. Makanan satu ini sering menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke kota Jakarta. Proses pembuatan makanan ini terbilang sangat unik. Jika diperhatikan dengan seksama, penjual kerak telor sulit untuk ditemukan. Karena hal inilah, kerak telor menjadi oleh oleh pilihan bagi wisatawan yang datang ke Jakarta. Bahan yang digunakan untuk membuat kerak telor adalah ketan putih, telor, serundeng, ebi, bawang goreng dan bumbu lainnya. Selain kerak telor, berikut buah tangan khas Jakarta lainnya yang kekinian dan populer:

Roti buaya

Roti berbentuk buaya ini sering digunakan sebagai seserahan pengantin Jakarta. Roti ini sejatinya merupakan makanan tradisinal asal Jakarta. Meskipun begitu, roti buaya kini disajikan dengan tampilan yang kekinian. Jika dahulunya roti ini dibuat tanpa menggunakan perasa, kini roti buaya disajikan dengan berbagai jenis rasa, yakni rasa coklat, keju, blueberry dan strawberry.

Tumbler Jakarta

Tumbler yang dibuat dengan desain kota Jakarta menjadi oleh oleh yang kekinian. Toko oleh oleh di kota Jakarta membuat secara khusus tumbler yang akan dijual. Tidak hanya menggunakan Monas sebagai motif pada tumbler, penjual juga menggunakan ondel-ondel sebagai motif utama pada tumbler.

Harga jual yang dikenakan untuk oleh oleh ini sangat beragam. Ada yang menjualnya dengan harga 25 ribu, ada pula yang menjualnya dengan harga 30 ribu. Jika membeli dalam jumlah banyak, penjual akan memberikan potongan harga dengan jumlah tertentu. Apabila tumbler yang dibeli tidak sanggup kita bawa sendiri, jangan segan untuk menggunakan cargo Jakarta. Dengan jasa tersebut, kita tidak perlu membawa beban yang berat dan tumbler yang berjumlah banyak.

Marguerite Nougat

Oleh oleh yang kekinian dan memiliki rasa yang nikmat adalah Marguerite Nougat. Makanan khas Jakarta ini dibuat dari bahan madu, putih telur, gula dan kacang. Sesuai dengan namanya, makanan ini memiliki tekstur chewy. Selain dihadirkan dengan rasa original, buah tangan kota Jakarta ini juga dihadirkan dengan rasa coklat. Guna menjaga kualitas rasanya, bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini sangat dijaga kualitasnya. Untuk membeli satu kemasan Marguerite Nougat, kita perlu menyediakan dana sekitar 40 ribu hingga 75 ribu.

Miniatur Monas

Monumen Nasional atau Monas merupakan bangunan penting di kota Jakarta. Bangunan tersebut bahkan menjadi icon kota Jakarta yang dikenal baik oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pada saat berkunjung ke Monas, kita tidak hanya dapat berfoto di tempat tersebut tetapi juga membeli miniatur Monas sebagai buah tangan.

Miniatur Monas ada yang dibuat dari kayu, ada pula yang membuatnya dengan menggunakan kaca dan alumunium. Area yang dekat dengan Monas banyak yang menjajakan oleh oleh ini. Jika kita berniat untuk membeli miniatur ini, merupakan pilihan yang tepat bagi kita untuk berkunjung ke Monas secara langsung.

Mug Jakarta

Mug Jakarta merupakan pilihan buah tangan khas Jakarta menarik dan populer lainnya. Mug ini dibuat dengan membubuhi tulisan “ Jakarta” pada bagian sisi mug. Motif abstrak terkadang menjadi pilihan pembeli karena menunjukkan ciri khas yang dimiliki oleh orang Betawi. Mug jenis ini juga dilengkapi dengan penutup dengan motif yang sama. Toko souvenir dan pasar tradisional menjadi tempat dimana kita dapat menemukan souvenir khas ibukota ini.

Jika kita tidak ingin disulitkan dengan oleh oleh yang berat, tempelan kulkas dapat dijadikan cenderamata setelah berkunjung dari kota Jakarta. Tempelan kulkas ini memiliki ukuran magnet yang kecil sehingga kita tidak akan dibebankan oleh bobot magnet tersebut. Karena merupakan oleh oleh dari Jakarta, tempelan kulkas ini dibuat dengan bentuk Monas, ondel-ondel dan bajai. Selain tingan, harga jual dari tempelan kulkas ini juga sangat murah dan terjangkau. Souvenir dapat ditemukan di beberapa toko penjual souvenir.

Buah Tangan Asal Jakarta Berupa Makanan yang Terkenal

Sama seperti kota-kota lainnya, Jakarta juga memiliki makanan khas yang dapat kita jadikan buah tangan. Kue putu mayang dapat kita jadikan pilihan karena rasanya yang manis dan gurih. Kue ini dibuat dari tepung tapioka atau tepung beras yang dibentuk seperti mie. Kue putu disajikan dengan menggunakan gula jawa cair dan santan. Agar tampilannya terlihat jauh lebih menarik, kue dibuat dengan tambahan pewarna makanan. Warga kota Jakarta biasa mengkonsumsi kue mayang ketika bulan puasa tiba. Tergolong sebagai kue basah, kue ini dapat bertahan dalam waktu yang lama. Karena hal inilah, kita dapat membawa kue putu mayang dalam perjalanan yang jauh. Kuah santan dan gula jawa dikemas secara terpisah sehingga kue terhindar dari basi dan berada dalam keadaan kering.

Buah tangan berupa makanan asal Jakarta lainnya adalah kembang goyang. Kembang goyang merupakan makanan lama yang masih bertahan hingga saat ini. Nama kembang goyang digunakan pada kudapan lezat ini akibat proses pembuatannya yang digoyang-goyang dengan menggunakan cetakan berbentuk bunga. Tujuannya adalah agar adonan mudah lepas dari cetakan. Kembang goyang dibuat dari bahan tepung beras, santan, tepung sagu, kelapa dan wijen putih. Jika dahulunya buah tangan ini hanya dihadirkan dengan rasa yang gurih saja, kembang goyang kini hadir dengan rasa keju dan coklat. Satu kilo kembang goyang dijual dengan harga 20 hingga 25 ribu. Kudapan ini tidak hanya dapat ditemukan di toko oleh oleh tetapi juga di pasar tradisional kota Jakarta.

Telur gabus keju memiliki rasa gurih dan renyah. Dengan rasanya yang enak, kita dapat menjadikan makanan ini sebagai oleh oleh dari kota Jakarta. Telur gabus keju dibuat dari campuan tepung kanji, keju, garam dan telur. Selama proses pembuatan, adonan dibuat menyerupai telur ikan gabus. Dengan tambahan keju sebagai bahan pembuatnya, telur gabus keju terasa semakin gurih dan sangat cocok dikonsumsi ketika bersantai. Menjadi jenis kue kering, kudapan lezat ini mampu bertahan dalam waktu yang lama dan cocok dijadikan sebagai buah tangan.

Buah tangan khas Jakarta yang lain adalah kue semprong. Kue kering ini memiliki bentuk yang serupa dengan alat tiup semprong. Kue ini mendapatkan inspirasi dari egg rolls yang dahulunya dibawa oleh Portugis ketika datang ke Jakarta. Meskipun kue ini memiliki bentuk yang sangat sederhana, rasa kue semprong sangat mengejutkan. Kue ini memiliki asa gurih, manis dan renyah. Tak ayal kue semprong sangat disukai oleh semua orang. Kue semprong masa kini juga dibentuk dengan bentuk yang berbeda. Kita dapat menemukan kue berbentuk segitiga yang memiliki cita rasa jahe. Untuk membeli kue semprong, kita tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Kue ini dijual dengan harga terjangkau untuk setiap kemasannya. Berikut makanan khas Jakarta lainnya yang dapat kita jadikan oleh oleh:

Akar kelapa

Jakarta banyak memiliki makanan ringan yang sering dijadikan oleh oleh. Akar kelapa yang dibuat dengan rasa beragam ini memiliki rasa yang gurih karena menggunakan mentega, tepung ketan, tepung beras, gula, garam dan telur sebagai bahan pembuatnya. Rasanya yang gurih membuat kita ketagihan untuk selalu menikmatinya.

Tape uli

Tape uli adalah tape khas yang dimiliki oleh orang Betawi. Makanan ini telah ada sejak dahulu dan sering dikonsumsi oleh warga perkampungan Betawi. Tape ini dibuat dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Tujuan bentuk dan ukurannya yang berbeda menunjukkan simbol akan persaudaraan dan kebersamaan warga kota Jakarta. Tape uli terasa sangat legit karena dibuat dari bahan beras ketan.

Dodol Betawi

Dodol khas Jakarta ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatannya. Hal inilah yang membuat dodol terasa jauh lebih istimewa. Oleh oleh khas Betawi ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, gula pasir dan santan. Dodol dimasak selama 8 jam dengan menggunakan kayu bakar. Dodol Betawi hadir dengan rasa durian, ketan putih, ketan hitam dan original.

Keripik buah

Keripik buah tidak hanya dapat ditemukan di Malang tetapi juga di kota Jakarta. Berbeda dengan keripik Malang, keripik buah khas Jakarta dibuat dengan pilihan buah yang beragam. Buah yang digunakan dalam pembuatan keripik antara lain mangga, salak, melon, nangka dan apel. Meskipun telah dibuat menjadi keripik, rasa buah pada keripik masih dapat kita rasakan. Banyak wisatawan yang tertarik untuk membeli keripik buah ini sebagai buah tangan usai mengunjungi kota Jakarta.

Pencok Betawi

Pencok Betawi sering ditemukan pada acara hajatan dan pernikahan orang Betawi. Makanan ini menjadi lauk kesukaan para tamu ketika mendatangi acara hajatan tersebut. Makanan khas ini menggunakan kentang yang dipotong dalam ukuran yang kecil menyerupai korek api. Kentang kemudian ditambah bahan bumbu lainnya dan dimasak hingga mengering. Rasa pedas, asam dan manis dapat kita rasakan ketika menyantap kudapan ini. Pencok Betawi terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasi yang hangat.

Geplak Betawi merupakan jenis makanan yang biasanya digunakan untuk hantaran pernikahan warga Betawi. Makanan berwarna putih ini memiliki bentuk yang sama degan balok. Warna putih pada makanan ini diakibatkan oleh penggunaan tepung beras sebagaibahan pembuatnya. Rasa gurih yang nampak dari makanan ini berasal dari santan dan kelapa. Tanpa disimpan di lemari es, geplak Betawi dapat bertahan selama seminggu. Bir pletok menjadi oleh oleh khas kota Jakarta lainnya yang dapat kita pilih. Pir pletok dibuat dari bahan rempah-rempah yang mampu menghangatkan tubuh. Bir pletok tidak hanya dikemas dengan menggunakan botol tetapi juga dikemas dengan menggunakan cup plastik.