Uncategorized

Obat sakit perut

Sakit perut merupakan salah satu jenis masalah yang sering dialami oleh manusia, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan tertentu baik berat ataupun ringan. Sakit perut juga dapat disebabkan oleh banyak hal, contohnya ketika ingin buang air besar terasa mulas, nyeri apabila sudah hampir waktu nya mentruasi, kembung ketika masuk angin dan lain sebagainya. Tiap penyebab tersebut memiliki Obat sakit perut masing-masing.

Perlu diingat bahwa obat sakit perut ini hanya merupakan tindakan sementara untuk penderita keluhan ringan dan tidak untuk dikonsumsi secara terus-menerus. Apabila sakit berkelanjutan atau justru semakin parah, maka segera periksakan ke dokter untuk memastikan permasalahan secara akurat.

Berikut beberapa obat sakit perut menurut penyebab nya:

  1. Sakit perut karena sembelit

Sembelit ialah kondisi dimana feses sulit untuk dikeluarkan karena terlalu keras. Kebekuan total pada feses disebabkan seseorang tersebut kurang minum air putih atau tidak memenuhi asupan makanan berserat. Penderita akan merasakan mulas pada perut karena ingin buang air besar, akan tetapi kotoran justru sangat sulit dikeluarkan.

Apabila anda mengalami sembelit, maka cobalah untuk mengatasi nya secara alami dengan cara memperbanyak minum air putih dan makan buah serta sayur. Keduanya mengandung serat tinggi yang akan membantu proses pencernaan pada perut.

Anda juga dapat mengonsumsi obat pencahar yang aman dan sudah terbukti ampuh untuk mengatasi problem ini, diantaranya yakni sterculia, ispaghula, dan multiselulosa.

  1. Disebabkan PMS (Pra Mesntruasi Syndrom)

Sakit perut selanjutnya yang banyak dialami oleh kaum perempuan ialah nyeri haid atau biasa disebut PMS. Menjelang menstruasi, hormon tubuh memproduksi prostaglandin sehingga proses ini terkadang membuat mulut rahim terjadi kontraksi. Inilah penyebab dari timbulnya rasa ngilu, perih, nyeri atau berbagai jenis rasa sakit lainnya.

PMS pada setiap perempuan berbeda-beda jangka waktunya namun umumnya terjadi pada dua hari pertama menstruasi. setelah masa itu, rasa sakit akan menghilang sendiri. Namun jika anda ingin sekedar mengurangi rasa sakit tersebut, cobalah mengonsumsi obat paracetamol, aspirin, atau ibuprofen (tidak untuk jangka panjang)

Demikian penjelasan singkat mengenai Obat sakit perut yang paling banyak dirasakan, semoga bermanfaat.