Kesehatan

Ini Dia Bahan-Bahan Alami Untuk Membuat Obat Batuk Herbal

Batuk dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi bakteri, virus, naiknya asam lambung, dan masih banyak lagi. Batuk secara umum dapat dibedakan menjadi batuk berdahak dan kering. Untuk mengobatinya, Anda bisa mencoba obat batuk herbal.

Obat batuk alami ini terbuat dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar. Selain mudah ditemukan, proses peramuannya juga begitu mudah. Bagi yang sedang mencari cara alami untuk mengatasi batuk, coba beberapa bahan alami untuk membuat ramuan obat batuk herbal berikut ini.

Bahan Alami untuk Obat Batuk Herbal

Melansir berbagai sumber, ada sejumlah tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat obat batuk herbal. Bahan-bahan ini sangat mudah ditemukan di sekitar. Berikut ini ulasan selengkapnya:

  1. Kencur

Di dalam kencur, terkandung borneol, cinnamicacid ethtyl-esterĀ  pentadecane, camphene, cinnamic aldehyede, dan berbagai senyawa berkhasiat lainnya. Senyawa-senyawa tersebut memiliki efek menenangkan dan menghangatkan. Selain itu, untuk mengurangi rasa sakit dan memudahkan angin keluar dari tubuh juga dapat diandalkan.

Tak heran jika kencur merupakan obat batuk yang manjur. Anda bisa mencampurkan kencur bubuk atau yang telah dihaluskan dengan sedikit air. Campurkan dengan madu, kemudian minum ramuan tersebut tiga kali sehari secara teratur.

  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat antiseptik serta antivirus yang kuat. Sebagai obat batuk alami, bumbu dapur ini tentu menarik untuk dicoba. Anda bisa mengolah bawang putih menjadi obat batuk dengan beberapa cara.

Contohnya adalah dengan mencampurkan bawang putih halus sebanyak 1 sendok teh dengan air 15 ml serta madu secukupnya. Konsumsi tiga kali sehari untuk mencegah dan mengobati gejala awal batuk. Jangan lupa imbangi dengan mengurangi konsumsi makanan gorengan agar tenggorokan tidak terasa berminyak.

  1. Jeruk Nipis

Buah dengan kulit hijau dan ada yang sedikit kekuningan ini memiliki nutrisi yang sangat beragam. Di dalam jeruk nipis, terdapat vitamin C, kalsium, fosfor, aneka mineral, dan asam sitrat. Tentu saja sebagai obat batuk, jeruk nipis bisa diandalkan karena buah satu ini dapat mematikan bakteri penyebab batuk.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mencampur perasan jeruk nipis dengan air hangat dan madu. Untuk mendapatkan rasa yang lebih segar, Anda juga bisa menambahkannya dengan air kelapa hijau.

  1. Jahe

Efek hangat bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi jahe. Rimpang kaya khasiat ini juga begitu berguna untuk mengatasi batuk dan pilek. Senyawa bioaktifnya juga sangat baik untuk mencegah rasa mual dan gangguan pencernaan.

Anda dapat menjadikan jahe sebagai minuman hangat. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengirisnya tipis-tipis, kemudian seduh dengan air hangat. Jangan lupa tambahkan madu agar khasiatnya lebih maksimal.

  1. Kunyit

Rimpang kunyit kaya akan minyak atsiri, curcumin, pati, damar, serta tanin yang sangat bagus untuk kesehatan. Untuk obat batuk alami, kunyit dapat diandalkan. Minyak astiri dan kurkumin di dalamnya berkhasiat mengatasi perut kembung dan membunuh bakteri penyebab batuk.

Anda bisa menyeduh kunyit bubuk dengan air hangat. Campurkan dengan madu dan minumlah sebelum tidur. Jangan lupa istirahat secara teratur agar imun tubuh stabil sehingga batuk bisa lebih mudah sembuh.

Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut, Anda bisa mencari obat batuk herbal di distributor herbal terpercaya. Dengan obat batuk dari distributor herbal tersebut, pengobatan diharapkan menjadi lebih cepat dan praktis.

Tips Mencegah Batuk dan Pilek

Biasanya di peralihan musim, keluhan batuk dan pilek akan sering dialami oleh banyak orang. Baik balita maupun orang dewasa tak terhindarkan dari risiko yang satu ini. Memang batuk serta pilek merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menular dengan cepat. Namun, ada beberapa cara mudah agar batuk dan pilek dapat dicegah. Berikut ini ulasan tipsnya.

  • Rajin mencuci tangan sebelum makan, hendak memegang wajah, maupun selepas bepergian.
  • Kurangi kontak kulit dengan orang lain.
  • Kenakan masker.
  • Jangan menutup bersin dengan tangan. Sebaiknya tutup bersin denga bahu atau siku. Jika ada yang bersin di sebelah Anda, sebaiknya segera menghindar atau menutup mulut dan hidung untuk mengurangi risiko tertular.
  • Jaga jarak aman dengan penderita batuk dan pilek.
  • Jangan gunakan alat makan, alat minum, maupun alat mandi yang sama dengan penderita batuk.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Konsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan imun
  • Rajin mengonsumsi ramuan herbal.
  • Berhenti merokok dan minum minuman ber
  • Kendalikan stres agar imun stabil.

Di musim pandemi seperti sekarang, imunitas tubuh harus dijaga. Jangan sampai imunitas drop sehingga Anda rentan terserang batuk. Semoga bermanfaat.