Home Decor

Ide Model Pintu Rumah Berdasarkan Gaya Arsitektur

Ada yang bilang, setiap desain rumah merupakan cerminan dari karakter penghuninya. Nyatanya, pemilihan setiap komponen rumah memang kerap disesuaikan oleh selera pemiliknya yang tidak akan jauh-jauh dari karakter si pemilik rumah. Mulai dari gaya rumah, model taman, model pagar, hingga ke bagian yang cukup terpampang, seperti pintu rumah.

Selain menggambarkan karakter pemilik rumah, bagi sejumlah orang yang menerapkan fengshui, model pintu tertentu yang menghadap ke arah tertentu dipercaya bisa menangkal energi negatif untuk masuk ke rumah. Apalagi, secara psikologis banyak juga yang mengkaitkan pemilihan model pintu rumah dengan gengsi dari para pemilik rumah.

Artinya, model pintu juga berpengaruh pada selera dan status sosial si pemilik rumah. Mungkin juga karena letaknya yang berada di bagian terdepan rumah, jadi seperti itulah kesan yang pertama kali ditangkap oleh para tamu yang datang atau orang-orang yang melihat. Oleh karenanya, pemilihan pintu utama merupakan komponen cukup penting.

Dengan banyaknya asumsi tersebut, tak heran jika banyak pemilik rumah yang berusaha untuk mendesain pintu rumah yang unik dan menarik perhatian mata atau eye catching. Nah, berikut ini, situs belanja bangunan qhomemart memiliki beberapa ide model pintu yang bisa diaplikasikan dan dimodifikasi sesuai dengan gaya arsitektur rumah Anda. Simak ya!

  1. Model Pintu Kayu Minimalis

Model pintu kayu minimalis biasanya ditandai dengan tampilan pintu kayu polos yang sederhana dan tidak terlalu menonjolkan serat-serat kayu pada permukaan pintunya. Seringkali gagang pintu yang digunakan terpasang memanjang secara vertikal atau horizontal. Untuk model rumah minimalis modern pintu biasanya dibuat agak besar.

  1. Model Pintu Kayu Kotak-kotak

Model pintu yang satu ini idealnya dibuat dengan ukuran yang besar. Kemudian, pada bagian permukaannya dibuat lubang kotak-kotak yang ditutupi oleh kaca, sehingga udara dan kotoran dari luar tidak masuk ke dalam rumah, namun tetap memberi kesan unik. Pintu seperti ini mungkin hanya cocok untuk Anda yang tidak terlalu mementingkan privasi.

  1. Model Pintu Kayu Gaya Klasik

Seperti yang kita ketahui bersama, gaya klasik mengacu pada gaya arsitektur Eropa, biasanya pada masa lalu. Karakter yang paling menggambarkannya adalah bentuknya yang proporsional, garisnya yang begitu tegas, dan terlihat sangat elegan, juga begitu anggun. Model pintu klasik juga memiliki ciri khas detail, yaitu terdapat jendela di bagian atasnya.

Meski terlihat begitu anggun dan elegan, jelas pintu dengan model ini hanya cocok digunakan untuk rumah dengan gaya klasik dan berukuran besar. Sebab, kesan yang ingin ditonjolkan menjadi tidak terlihat jika model pintu ini dipadukan dengan gaya rumah lainnya, seperti minimalis, apalagi tradisional. Padukan dengan tiang untuk hasil sempurna.

  1. Model Pintu Kayu dan Alumunium Hitam

Model pintu seperti ini mungkin akan sering ditemukan pada rumah-rumah bergaya industrial. Memang ciri khas rumah gaya industrial sangat kuat dengan material eksposnya. Memadukannya dengan pintu material kayu dan bingkau alumunium hitam, akan membuat rumah semakin terkesan tegas, berani, dna tentunya unik.

  1. Model Pintu Besi Berjendela

Pintu dengan model ini mungkin sudah sering Anda lihat di rumah-rumah dengan gaya modern atau minimalis modern. Terdapat jendela berukuran sedang yang dipadukan dengan rangka besi atau alumunium yang membuat ruangan terlihat semakin terang dan terkesan luas. Ada juga yang memberi warna putih pada rangka besi atau alumuniumnya.

Selain diaplikasikan untuk pintu utama di depan rumah, pintu model besi berjendela ini juga snagat cocok digunakan sebagai pintu ke area outdoor bagian belakang atau samping rumah. Dengan begitu, rumah jadi terkesan tidak berbatas tembok, namun terhubung dengan kehijauan di luar rumah.

  1. Model Pintu Bergaya Antik

Model pintu dengan kayu dan ukiran antik memang kerap diaplikasikan pada rumah dengan beragam gaya, terutama gaya tradisional. Kebanyakan pemilik rumah yang menggunakan pintu dengan gaya antik yang sarat akan makna pada ukirannya ini, bermaksud ingin mengangkat budaya Jawa atau Bali yang kental dengan kesan antik.

  1. Model Pintu Kayu dan Jendela Gaya Skandinavian

Rumah dengan gaya skandinavian kini tengah populer, terutama bagi rumah pasangan muda masa kini. Karakternya yang sederhana, open space, dan didominasi dengan putih serta aksen kayu, membuatnya begitu diminati. Melihat konsep ini, tentu kosep pintu yang cocok sangat mudah, yaitu cukup mengambil unsur kayu, putih, dan jendela agar terkesan bersih.

Anda yang masih bingung menentukan, pastikan model pintu yang Anda pilih sesuai dengan gaya arsitektur rumah Anda. Ingat juga untuk selalu membeli material pintu di toko material terlengkap di qhomemart. Segala macam model pintu rumahyang Anda inginkan bisa di temukan di situs ini. Di masa pandemi ini, belanja material rumah jadi lebih mudah.