Uncategorized

Mitos atau Fakta  Tentang Bolehkah Ibu Menyusui Mengonsumsi Durian?

Bayi mendapatkatkan makanan melalui ASI pada tubuh ibu. ASI sendiri merupakan makanan terbaik untuk tumbuh kembang bayi. Untuk menjaga nutrisi pada ASI, sang ibu harus menjaga pola makannya karena ASI sendir bersifat steril tanpa racun atau kuman. Lalu apakah boleh ibu menyusui makan durian? Menurut beberapa penelitian, sebenarnya mengonsumsi durian untuk ibu menyusui diperbolehkan asal tetap memperhatikan jumlah dan reaksi bayi. Apabila mengonsumsi berlebihan maka akan muncul efek samping untuk ibu dan bayi seperti ruam, muntah dan masalah pencernaan. Berikut akan dijelaskan mengenai nutrisi pada buah durian yang perlu anda ketahui.

Kandungan Nutrisi yang Bermanfaat Pada Buah Durian Bagi Ibu Menyusui

  1. Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang dapat berfungsi untuk menghambat serta memperlambat kerusakan sel pada tubuh akibat radikal bebas. Kerusakan lebih parah akibat radikal bebas adalah kerusakan jaringan pada tubuh. Selain pada durian, antioksidan juga ditemukan pada makanan yang mengandung vit C, vit E dan beta-karoten.

  1. Kalium

Kalium pada durian bermanfaat membantu proses metabolisme yang melindungi kepadatan otot dan tulang. Kalium ini juga membantu menurunkan kadar darah tinggi.

  1. Serat

Serat adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga pencernaan manusia. Selain itu serta juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan kesehatan jantung.

  1. Vitamin

Durian ternyata mengandung banyak vitamin dan protein yang bagus untuk ibu menyusui. Vitamin dan asam folat ini dapat mencegah anemia pada ibu menyusui pasca melahirkan. Durian jika dikonsumsi pasca melahirkan, akan mengurangi tingkat stress.

  1. Fosfor

Fosfor terkenal karena manfaatnya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Namun fosfor pada durian juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meskipun durian memiliki banyak nutrisi yang bermafaat bagi kesehatan tubuh, sangat dianjurkan untuk ibu menyusui mengonsumsi dalam jumlah aman atau tidak berlebihan. Jumlah yang berlebihan ini akan memberikan dampak negatif bagi tubuh maupun bayi. Semoga info tadi memberikan anda keyakinan untuk menyantap buah durian ini!