Uncategorized

Mengintip Jenis Buah Nanas yang Memiliki Rasa Manis dan Segar

Nanas menjadi salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia. Buah yang satu ini seringkali dijadikan pencuci mulut setelah makan berat. Buah berwarna kuning dengan bentuk yang unik ini, juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Namun, banyak yang belum mengetahui ternyata buah nanas memiliki banyak jenis. Berikut ini jenis nanas di Indonesia yang memiliki rasa manis dan segar.

5 Jenis Nanas yang Manis dan Menyegarkan

  1. Nanas Honi

Nanas honi merupakan salah satu varietas nanas yang dibudidayakan di Lampung. Nanas ini memiliki ciri ciri dimana buahnya berwarna kuning keemasan dengan rasanya yang manis. Nanas honi biasanya memiliki berat  1,5-2,3 kg per buah nya. Nanas ini juga mudah dikupas karena memiliki kulit yang tipis. Dengan kelebihan yang dimilikinya, diharapkan nanas yang satu ini menjadi salah satu varietas unggul di Indonesia.

  1. Nanas Queen

Mendengar namanya, anda pasti sudah berpikir bahwa nanas yang satu ini termasuk nanas yang unggul. Nanas queen banyak dibudidayakan di daerah Indonesia seperti Palembang, Pontianak, Bogor, Jember, Purwokerto dan daerah indonesia lainnya. Nanas queen memiliki ciri ciri yaitu warna buah yang kuning kemerah merahan. Selain itu, terdapat mata kulit yang agak dalam sehingga mengupasnya lebih lama. Biasanya satu buah nanas ini memiliki berat 1 kg.

  1. Nanas Cayenne

Nanas yang memiliki rasa yang manis dan segar juga dapat ditemukan pada varietas nanas cayenne. Nanas ini banyak dibudidayakan di Indonesia seperti Bukittinggi, Probolinggo, Pacitan, Tanjung Pinang. Namun, Nanas cayenne paling baik tumbuh di daerah Subang, tak heran jika masyarakat akhirnya mengenalnya dengan Nanas Subang. Nanas ini sering disantap secara langsung, karena rasanya yang lebih manis dari nanas queen.

  1. Nanas Medusa

Nanas yang satu ini memiliki tubuh yang cukup unik, karena lebih langsing dibandingkan varietas nanas yang lain. Nanas jenis ini masih cukup sulit ditemukan di Indonesia. Nanas medusa juga sering dikenal dengan baby pineapple atau mini pineapple. Ukuran nanas ini bahkan lebih kecil dari nanas madu, yaitu sekitar sekitar 5-7 cm. Nanas dengan rasa yang manis dan segar ini, merupakan salah satu hasil dari teknologi rekayasa genetik.

  1. Nanas Smooth Cayenne

Nanas jenis ini merupakan varietas nanas dengan permintaan cukup tinggi. Bahkan nanas ini sudah memasuki pasar ekspor. Nanas smooth cayenne dibudidayakan di Indonesia, khususnya wilayah Kediri. Nanas varietas ini memiliki rasa yang manis dengan kadar air yang cukup tinggi, sehingga banyak masyarakat yang menyukainya. Buah Nanas smooth cayenne biasanya diolah menjadi buah kaleng.

Itulah beberapa jenis nanas yang dibudidayakan di Indonesia dengan rasa yang manis dan segar. Apakah anda salah satu pecinta nanas? Jika iya, anda harus mencoba beberapa jenis nanas di atas. Mungkin mengupas nanas cukup sulit, apalagi jika mata kulitnya menjorok ke dalam. Namun, rasa lelahnya sebanding dengan nikmatnya nanas yang akan disantap.