Apakah kamu ingin tahu tentang proses pembuatan Kerupuk Udang? Jika iya, silahkan simak penjelasan lengkap berikut ini.

Proses Pembuatan Kerupuk Udang

Kerupuk yang berasal dari Sidoarjo ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan udang. Adonan kerupuk ini lalu ditumbuk halus dan dikeringkan. Sebelum dikeringkan adonan kerupuk ini dicampur dengan bumbu dari berbagai macam rempah untuk menambah citarasa kemudian direbus. Pada saat kerupuk ini melalui proses pengeringan,memakan waktu sekitar 2-3 hari tergantung dari teriknya sinar matahari.

Sebenarnya proses pembuatan kerupuk tersebut sangat sederhana. Untuk skala kecil Alat yang digunakan untuk membuat kerupukĀ  juga tidak memerlukan peralatan yang canggih. Bahkan alat-alatnya bisa ditemukan di dapur kita. Kecuali jika kita ingin membuat kerupuk udang dalam skala besar,baru memerlukan alat penghancur udang yang lebih modern.

Ciri Khas Rasa Kerupuk Udang

Kerupuk udang banyak disukai oleh masyarakat. Rasa dan baunya yang khas sangat menggugah selera apabila dimakan dengan menggunakan nasi. Kerupuk inipun banyak terdapat dipasaran.Namun sayangnya,banyak kerupuk udang yang dibuat tidak sehat. Dengan menggunakan boraks misalnya. Padahal kerupuk udang tanpa borakspun rasanya sudah nikmat. Yang terpenting adalah kita harus teliti dan hati-hati saat membeli.

Merk Kerupuk Udang Terkenal

Dipasaran sendiri kerupuk udang mentah ini terdiri dari berbagai merk. Diantaranya padi kapas, matahari, Bintang samudra,Dua putri dan lain lain. Semua merk tersebut sudah lolos uji boraks. Jadi aman dikonsumsi.

Selain dijual mentah,kerupuk udang juga banyak yang dijual matang loh. Karena kerupuk yang dijual matang lebih banyak memberikan keuntungan. Asalkan pada saat kita akan menjual kerupuk udang matang,pastikan cara penggunaan minyaknya diperhatikan. Minyak untuk menggoreng kerupuk tidak boleh digunakan lebih dari tiga kali. Ini akan berakibat keruouk yang kita jual akan lebih mudah tengik dan mempunyai aroma tidak enak.

Kerupuk udang ini sering digunakan sebagai pelengkap makan nasi. Di restoran atau rumah makanpun sering tersedia kerupuk udang yang sudah matang. Sensasi gurih dimulut menambah nafsu makan siapa saja yang menikmati kerupuk udang ini. Bahkan dari anak sampai orang tuapun banyak yang gemar makan kerupuk udang. Jadi rasanya tak lengkap kalau makan nasi hanagt tidak menggunakan kerupuk udang.