Uncategorized

Mengenal Karakteristik dan Manfaat Daun kumis kucing

Daun kumis kucing merupakan daun yang ada pada tanaman kumis kucing, seperti kita ketahui bahwa tanaman kumis kucing ini memiliki berbagai macam khasiat yang bisa dijadikan sebagai bahan obat tradisional ataupun obat herbal.

Karakteristik Daun kumis kucing

Daun kumis kucing berwarna hijau layaknya daun pada umumnya, namun kandungan dalam daun kumis kucing yang bermacam-macam membuat daun kumis kucing ini memiliki banyak khasiat. Tanaman kumis kucing ini umumnya tumbuh di daerah asia tenggara, china hingga Australia.

Sehingga bisa dibilang tanaman kumis kucing ini merupakan tanaman obat-obatan tradisional khas asia tenggara. Anda dapat dengan mudah menjumpai tumbuhan kumis kucing baik yang sengaja ditanam maupun yang tumbuh liar dengan sendirinya.

Karena saking banyaknya tanaman kumis kucing ini maka tanaman kumis kucing tidak dikomersilkan atau tidak diperjual belikan, walaupun diperjualbelikan maka harganya relatif murah karena tidak perlu membeli pun anda bisa dengan mudah mendapatkannya.

Misalnya dengan menanamnya sendiri di rumah maupun memetiknya di pekarangan yang tumbuh liar dengan sendirinya. agar anda lebih mudah mendapatkannya ketika anda membutuhkan daun kumis kucing ini maka lebih baik anda menanamnya sendiri dirumah, bisa di tanam di pot maupun di pekarangan rumah mengingat banyaknya manfaat, khasiat serta kegunaan dari daun kumis kucing ini.

Manfaat Daun kumis kucing

Namun meskipun daun kumis kucing ini berkhasiat dan memiliki banyak manfaat, anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kumis kucing secara berlebihan karena justru jika mengkonsumsi daun kumis kucing ini secara berlebihan maka akan berdampak bagi kesehatan karena terlalu banyak kandungan daun kumis kucing yang masuk kedalam tubuh.

Daun kumis kucing ini juga tidak di anjurkan untuk di konsumsi oleh ibu yang sedang hamil dan menyusui karena ditakutkan akan mempengaruhi perkembangan anak. selain itu, daun kumis kucing ini juga tidak di anjurkan untuk di konsumsi oleh mereka yang memiliki alergi. Jika mengkonsumsi daun kumis kucing ini dan kemudian terjadi alergi maka segera hentikan konsumsi daun kumis kucing ini dan segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.