Uncategorized

Mengenal Jenis dan Penyebab Kanker Usus

 

Kanker adalah salah satu jenis penyakit kronis yang dapat berkembang dan menyerang di seluruh bagian tubuh, salah satunya usus. Ketika kanker menyerang usus, jaringan di usus akan mengalami perkembangan yang tidak terkendali. Untuk gejala kanker pada usus, gejala dapat dibedakan berdasarkan dengan jenis yang mengalami kanker. Untuk kanker yang tumbuh di usus kecil, gejala yang muncul meliputi rasa sakit pada perut yang disertai mual dan muntah, kulit tubuh yang nampak memerah, berat badan yang menurun tanpa sebab, mata dan kuning yang terlihat menguning dan buan air besar yang disertai darah.

Usus besar menjadi jenis usus yang dapat ditumbuhi oleh kanker. Kanker di lokasi ini pada awalnya memiliki bentuk kecil dan jinak. Gumpalan jinak ini dikenal dengan nama polip. Pada umumnya, kanker di daerah usus besar lebih sering dialami oleh mereka yang berumur di atas 50 tahun. Meskipun begitu, kanker dapat pula dialami oleh anak muda yang memiliki gaya hidup kurang sehat. Ketika seseorang menderita kanker yang tumbuh di usus besar, gejala yang muncul adalah rasa nyeri dan kram pada perut, perut terasa kembung, tubuh merasa cepat lelah dan lemas, berat badan yang menurun tanpa alasan yang jelas, pendarahan di anus dan mengalami sembelit atau diare.

Hingga saat ini, penyebab dari kanker usus masih belum dapat dipastikan. Seiring dengan beberapa penelitian yang dilakukan, kanker pada usus dapat terjadi akibat mutasi DNA yang terletak pada sel tubuh. Sel sehat bermanfaat dapat menjaga tubuh agar dapat bekerja dengan normal, Ketika DNA mengalami kerusakan yang disebabkan oleh mutasi , sel tubuh akan berkembang tanpa terkendali. Sel yang berkembang tak terkendali inilah yang kita kenal dengan kanker. Jika tidak diatasi dengan segera, sel kanker akan menyerang bagian tubuh lain dan menghancurkan sel normal tubuh. Meskipun penyebab dari kanker usus belum dapat dipastikan, gaya hidup kurang baik dan faktor genetik dipercaya dapat menyebabkan penyakit kanker di usus.