Uncategorized

Memahami 5 Kebiasaan Bayi Baru Lahir yang Sering Terjadi

Setelah melewati proses persalinan, akhirnya bunda dapat bertemu dengan bayi yang baru lahir. Merawat bayi yang baru saja lahir tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi para orang tua. Namun, mengasuh bayi yang baru saja dilahirkan juga bukan merupakan hal yang mudah. Terlebih dengan adanya berbagai mitos mengenai bayi baru lahir yang banyak beredar di masyarakat. Daripada anda merasa khawatir, yuk intip kebiasaan bayi baru lahir yang sering terjadi berikut.

Hal yang Sering Terjadi pada Bayi Baru Lahir

  1. Cegukan Setelah Minum ASI

Memberikan ASI atau air susu ibu kepada bayi baru lahir adalah hal yang sangat disarankan. ASI itu nantinya menjadi salah satu sumber energi untuk pertumbuhan si bayi. Namun, beberapa bayi bisa mengalami cegukan setelah minum ASI. Cegukan pada bayi tersebut bisa saja terjadi karena ia terlalu cepat saat meneguk ASI, sehingga terdapat banyak udara dalam kerongkongan si kecil. Akibatnya bayi Anda akan mengalami cegukan untuk mengeluarkan udara tersebut.

Anda dapat melakukan beberapa cara untuk menghilangkan cegukan pada bayi. Seperti berhenti sesaat ketika memberikan ASI, agar si kecil tidak terus meminumnya dengan cepat. Anda juga dapat menggosok punggung bayi dengan lembut dan perlahan agar cegukan bisa mereda, kemudian anda juga bisa mencoba menegakkan tubuh si kecil sebentar saja. Dengan beberapa cara tersebut, umumnya cegukan pada bayi pun akan hilang.

  1. Mengantuk Tapi Tidak Mau Tidur

Kebiasaan bayi baru lahir lainnya yang sering terjadi yaitu bayi sering mengantuk, tapi ia tidak mau tidur. Anda mungkin akan melihat tingkah si kecil yang begitu lucu dan menggemaskan. Ketika anda menggendongnya, ia akan mengantuk dan tertidur. Namun ketika bayi diletakkan di tempat tidur, maka ia akan terbangun dan menangis. Ini bisa menjadi pertanda bahwa si kecil ingin didekap dan berdekatan dengan orang tuanya.

  1. Tidur Sangat Lama pada Siang Hari

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan orang tua setelah bayi lahir yaitu siap terjaga pada malam hari. Pada dasarnya, bayi Anda memang akan lebih sering tertidur pada waktu siang hari. Kemudian pada malam hari, mereka justru akan terbangun dan menangis jika tidak ditemani. Beberapa bayi juga akan minta untuk diberi susu saat malam hari, dan ini adalah hal yang wajar dan merupakan salah satu kebiasaan bayi baru lahir pada umumnya.

Hal tersebut merupakan sesuatu yang umum dan seringkali terjadi pada bayi baru lahir, sehingga bunda tidak perlu panik. Karena kebiasaan ini sangatlah wajar, dan juga tidak menyebabkan penyakit untuk bayi yang sehat. Selain itu, bayi juga memiliki keunikan sendiri saat ia tidur, seperti tiba tiba kaget atau tiba tiba si kecil tertawa dalam tidurnya. Ini juga merupakan hal yang wajar dan sering terjadi pada bayi baru lahir, sehingga anda tidak perlu panik atau khawatir.