Belajar merupakan aktivitas penting bagi setiap orang yang membutuhkan suasana yang nyaman. Dengan suasana yang nyaman dan mendukung, materi yang sedang dipelajari pun dapat diserap dengan semestinya.

Setiap orang memiliki kondisi ideal untuk belajar. Dengan kata lain, tidak semuanya menyukai suasana yang sama saat belajar. Ada orang yang lebih senang belajar dalam situasi hening, ada juga yang lebih mudah belajar pada situasi yang sedikit bising, misalnya sambil mendengarkan lagu. Oleh karena itu, setingan ruangan pun harus disesuaikan.

Hal ini juga berlaku pada meja yang digunakan untuk belajar. Untuk mendukung proses belajar, dibutuhkan meja belajar yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya, meja untuk belajar pun perlu disesuaikan dengan karakter seseorang. Terlebih jika meja tersebut akan digunakan oleh anak.

Tips Memilih Meja untuk Belajar Anak

Pixabay.com

Meja untuk belajar adalah meja yang digunakan anak untuk mengerjakan tugas maupun untuk mempelajari materi yang didapatkan dari sekolah. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan meja yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus selera anak.

Jika Anda termasuk tipe orang tua yang bingung dalam menentukan meja seperti apa untuk tempat belajar anak, beberapa tips berikut sangat direkomendasikan untuk dicoba.

  1. Sesuaikan dengan ruangan

Saat memilih meja untuk belajar anak, Anda perlu menyesuaikan meja tersebut dengan ruangan yang akan digunakan untuk meletakkan meja, yaitu kamar anak. Sebelum memutuskan untuk membeli meja yang akan digunakan untuk belajar anak, orang tua harus benar-benar memahami ruangan anak.

Hal yang paling utama adalah luas ruangan. Anda perlu tahu luas kamar anak dan mengenali setiap sudut ruangan tersebut sehingga dapat memperkirakan ruang yang tersedia untuk meletakkan meja. Namun, jika Anda ingin hasilnya lebih akurat, maka Anda dapat mengukur seberapa luas ruang kosong yang tersedia.

Setelah mengukur ruang kosong yang tersedia, Anda akan dapat memperkirakan ukuran meja yang diperlukan agar ruangan atau kamar tidak terlalu sempit. Saat Anda sudah tahu berapa ukuran maksimal meja yang dibutuhkan, Anda hanya perlu memutuskan jenis meja seperti apa yang paling sesuai untuk anak.

Jangan lupa untuk memastikan kalau semua ukuran ruang kosong yang tersedia sudah tepat. Dengan begitu, Anda tidak akan salah membeli meja untuk belajar anak.

  1. Kenali fitur dari berbagai model meja

Meja untuk belajar anak tersedia dalam berbagai model dan fitur yang berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Oleh karena itu, sebelum membeli, orang tua dapat berdiskusi dengan anak.

Melalui diskusi, orang tua dapat mencari tahu kebutuhan apa saja yang diinginkan anak dalam sebuah meja belajar. Selain itu, orang tua juga perlu mengenali berbagai fitur dari model meja, seperti laci, tempat khusus dokumen, atau bahkan tempat pensil.

Salah satu fitur meja untuk belajar yang perlu diperhatikan adalah laci. Dengan adanya laci, anak dapat menyimpan berbagai barang di dalamnya, baik berupa dokumen maupun perlengkapan lain seperti alat tulis.

Selain laci, Anda juga perlu memastikan bahwa meja untuk belajar yang akan dipilih dilengkapi dengan lapisan permukaan bebas noda. Fitur ini sangat penting karena sebagai orang tua, Anda tidak perlu merasa khawatir atau bahkan panik apabila ada minuman maupun makanan yang megotori permukaan meja tersebut.

Jika perlu, Anda juga dapat memilih meja untuk belajar dengan fitur lain seperti tempat khusus dokumen atau tempat pensil. Kedua fitur ini selain dapat membantu anak dalam belajar, juga dapat membantunya menumbuhkan kebiasaan baik untuk meletakkan dokumen dan pensil pada tempatnya.

  1. Pahami kebutuhan anak

Ada banyak model meja untuk belajar. Masing-masing model tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, sebelum memilih meja untuk belajar anak, orang tua perlu memahami kebutuhan anak tentang meja belajar yang mereka inginkan.

Selain memahami kebutuhan anak, Anda juga perlu memahami meja belajar seperti apa yang sekiranya dapat menunjang segala aktivitas anak dengan memikirkan dari sisi model serta fungsionalitas meja.

  1. Pilih warna meja yang disukai anak

Pixabay.com

Memilih warna meja yang sesuai dengan selera anak adalah hal yang penting. Ini karena meja untuk belajar yang dipilih berdasarkan keinginan anak akan dapat meningkatkan semangatnya dalam menjalani aktivitas belajar seperti mengerjakan tugas maupun belajar untuk mengikuti ujian.

Selain beberapa tips yang telah diuraikan di atas, Anda juga perlu memperhatikan standard countertop depth saat membeli serta memasang meja untuk belajar. Standard countertop depth adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jarak antara dinding dengan bagian depan meja yang digunakan untuk belajar.

Standard yang digunakan adalah antara 24 hinga 25 inci di mana standard ini wajib dipenuhi. Dengan memenuhi standard tersebut, anak akan dapat belajar dengan nyaman karena ruang untuk belajarnya tidak terlalu sempit.