Teknologi

Facebook dan Twitter Dilarang, Adakah Media Sosial yang Bisa Dipakai di Cina?

Media sosial kini telah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa terpisahkan oleh para generasi millenial. Tak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, Anda pun seringkali menggunakannya sebagai galeri untuk mengirimkan sejumalh foto maupun video pada suatu momen. Namun, hal ini tidak berlaku untuk beberapa negara karena mengharuskan Anda untuk menggunakan produk aplikasi buatan dalam negeri saja. Di Cina Anda dilarang menggunakan facebook maupun twitter, alih-alih menggunakannya Anda bisa menggantinya dengan aplikasi lainnya. Yuk simak apa saja media sosial yang bisa dipakai di Cina pada penjelasan berikut atau langsung kunjungi situs kangsandi.id.

Jenis Aplikasi Sosial Media yang Dilarang di Cina

Ada beberapa jenis media sosial yang dilarang penggunannya ketika berada di lingkungan negara Tirai Bambu tersebut. Setidaknya ada lima jenis seperti penjelasan poin-poin berikut.

1.      Line/ Kakaotalk

Pemerintah Cina beranggapan bahwa penggunaan aplikasi ini dapat berpotensi memperluas jaringan terorisme di negara tersebut. Hal ini didasarkan pada kasus sebelumnya yang diketahui aktivitas komunikasinya menggunakan media sosial tersebut. Jadi, ketika berkunjung ke Cina hindari penggunaan line maupun kakaotalk ya.

2.      Instagram

Banyaknya kritikan yang timbul terutama yang berhubungan dengan kestabilan pemerintahan melalui adanya unggahan warga di instagram. Akhirnya pemerintah Cina memutuskan untuk melarang penggunaan instagram di negara tersebut. Jadi, jangan harap Anda bisa membuat instastory di instagram ketika berkunjung ke Cina ya.

3.      Facebook

Banyaknya pengguna facebook dianggap dapat menimbulkan potensi aksi provokasi sejumlah pihak guna menggugat pemerintahan. Hal inilah yang berusaha dihindari oleh pemerintah Cina, yakni melalui larangan penggunaan facebook di negara Tirai Bambu.

4.      Twitter

Meski pengguna twitter masih jauh berada dibawah facebook, namun adanya fitur tagar pun menjadi ancaman tersendiri bagi pemerintahan Cina. Guna menghindari praktik demo maupun gugatan oknum pada pemerintah maka twitter dilarang penggunaannya di Cina.

5.      Google

Untuk mencapai efektivitas dan efisiensi, pemerintah Cina melarang keras penggunaan mesin pencari google. Sebagai gantinya pemerintah membuat aplikasi search engine lain yang bisa diakses oleh masyarakat. Selain mudah proses kontrol aktivitasnya, hasil pemasukan banyaknya pengguna pun dapat menjadi sumber pendapatan negara.

8 Aplikasi Media Sosial yang Bisa Dipakai di Cina

Melihat banyaknya sosial media yang dilarang penggunaannya di Cina. Anda tak usah khawatir, pasalnya pemerintah Cina tetap memperbolehkan beberapa media sosial kok. Ini dia 8 aplikasi media sosial yang bisa dipakai di Cina.

1.      Baidu Tieba

Aplikasi pertama yang diizinkan penggunaannya di Cina adalah Baidu Tieba. Alih-alih menggunakan google yang dilarang, Anda tetap bisa melakukan pencarian melalui penggunaan baidu. Awalnya aplikasi ini memiliki fungsi seperti reddit, namun seiring berjalannya waktu Anda pun bisa menggunakan fitur yang mirip seperti google.

2.      Dianping

Jika di Indonesia Anda mengenal adanya aplikasi grabfood atau gofood. Di negara Tirai Bambu Anda dapat menggunakan sosial media sosial Dianping yang mampu menunjukkan restoran terbaik terdekat dari lokasi Anda berada.

3.      Douban

Ingin mendapatkan referensi film, buku, atau musik terbaik? Anda bisa menggunakan media sosial Douban ketika berkunjung ke Cina. Forum ini khusus digunakan untuk berdiskusi dan memberikan ulasan seputar film, musik, dan buku terpopular.

4.      RenRen

Anda mungkin sudah menyimak penjelasan bahwa facebook dilarang keras di Cina. Namun tahukah Anda bahwa ternyata Cina juga memiliki aplikasi serupa? RenRen sering disebut sebagai kloningan facebook karena fitur yang tersedia cukup mirip.

5.      WeChat

Media sosial ini wajib Anda miliki ketika berkunjung ke Cina. Selain menyediakan fitur perpesanan dan berbagi gambar, Anda pun bisa memesan kendaran, barang, maupun melakukan pembelian online menggunakan aplikasi yang satu ini. Tak perlu membayar secara tunai, Anda cukup gunakan wechat wallet dan wechat pay saja.

6.      Youku Tudou

Aplikasi lain yang dilarang oleh Cina adalah youtube. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Cina lantas membuat sebuah produk aplikasi yang mirip dengan youtube, yakni youku tudou. Jadi bisa disimpulkan bahwa youku adalah youtube-nya warga Tiongkok.

7.      Sina Weibo

Sebagai pengganti twitter, warga Tiongkok mengoptimalkan penggunaan media sosial Sina Weibo. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini memiliki fitur seperti twitter, yakni adanya follower yang sering disebut sebagai fans dan following yang disebut dengan concern.

8.      QQ

Ingin mendapatkan paket lengkap dalam satu aplikasi yang tentunya bisa diakses di Negeri Tirai Bambu? QQ adalah jawabannya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengiriman perpesanan, berberlanja, mikronlogging, bermain game online hingga menonton film. Wah menarik ya? Sebenarnya QQ adalah suatu aplikasi messenger layaknya MSN, yahoo messenger dan lain sebagainya. Hanya saja, aplikasi ini sudah dilegalkan untuk digunakan di Cina, sehingga Anda bisa bebas berkomunikasi tanap takut dikenai sanksi.

Nah itu dia penjelasan rinci seputar apa saja media sosial yang dilarang dan media sosial yang bisa dipakai di Cina. Untuk mendapatkan update informasi terbaru Anda bisa mengakses situs kangsandi.id atau sumber lain yang relevan. Semoga bermanfaat.