Uncategorized

Manfaat Jambu Air

Di negara Indonesia jambu air menjadi tanaman buah yang sangat mudah dijumpai dan proses pembudidayaannya pun juga tergolong tidak terlalu sulit. Sesuai dengan namanya bahwa jambu air ini menjadi salah satu buah yang mempunyai sumber vitamin A, vitamin C, thiamin, serat, niasin, kalsium, Potassium, fenolik, zat besi, hexahedron, flavon, fenolik, flavonoid, maupun myricetin.

Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan air yang terdapat di dalam jambu air memang sangatlah banyak, sehingga banyak para masyarakat yang merasakan kesegaran ketika mengkonsumsi buah yang berwarna merah ini. Terlebih lagi manfaat jambu air ini juga tergolong sangatlah banyak, terutama bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti berikut:

  1. Melakukan Pencegahan Stroke

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu air ampuh untuk menurunkan adanya resiko penyakit stroke sebanyak 42%. Bagi orang tua yang sudah berumur untuk mencegah adanya serangan stroke disarankan untuk mengkonsumsi jambu air secara rutin.

 

  1. Dapat Mengatasi Jamur

Ternyata jambu air juga sangat ampuh dalam mengatasi jamur yang terdapat pada kulit. Hal ini dikarenakan jambu air dapat menyumbang nutrisi bagi kulit yang terkena infeksi maupun jamur. Buah yang berair ini memiliki kandungan berupa antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membunuh virus maupun bakteri ketika menempel di bagian kulit.

 

  1. Mengontrol Kolesterol Jahat

Jambu air dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh serta meningkatkan adanya kadar kolesterol baik. Kadar lemak HDL yang terdapat pada tubuh bisa ditingkatkan karena adanya kandungan niasin yang terdapat di dalam jambu air.

 

  1. Mengatasi Gangguan Fungsi Hati

Gangguan pada fungsi hati dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi jambu air secara rutin. Salah satu alasannya yaitu kandungan ekstrak yang terdapat pada buah jambu air beserta daunnya mempunyai kandungan zat yang bisa melindungi hati pada sejumlah penyakit yang berpotensi mengancam organ hati.

 

  1. Merawat Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah jambu air secara rutin dapat dijadikan sebagai perawatan pada kesehatan mata. Salah satu alasannya karena jambu air mempunyai kandungan vitamin A yang berperan penting untuk kesehatan mata. Apabila diri seseorang kekurangan vitamin A maka beresiko mengalami gangguan pada mata.

 

Manfaat jambu air bagi kesehatan memang sangatlah banyak. Oleh karena itu jambu air menjadi jenis buah yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi. Selain rasanya yang manis dan segar ternyata juga menyimpan sejuta manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan.