Pengetahuan

Mengintip Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Zaitun yang Jarang Diketahui

 

Buah zaitun biasanya diolah menjadi minyak yang umumnya digunakan untuk produk kecantikan. Buah yang tercantum dalam Al-Qur’an ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Buah ini biasanya memiliki bentuk oval dengan berat sekitar 3 hingga 5 gram. Saat masih hijau, buah ini berwarna hijau dan akan berubah menjadi ungu atau hitam ketika matang.

Tak hanya enak dimakan secara langsung, buah ini juga sering dikonsumsi setelah diawetkan. Berikut beberapa manfaat buah zaitun untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

Berbagai Kandungan Gizi pada Zaitun 

Zaitun atau biasa disebut olive memiliki kandungan gizi yang cukup bervariasi. Oleh karena itu mengonsumsi buah ini memiliki khasiat yang baik bagi tubuh manusia.

Beberapa kandungan pada olive, diantaranya vitamin E, zat besi, kalsium hingga karbondioksida. Pada seratus gram buah ini terdapat kalori 115 kkal dan karbohidrat hingga 6,3 gram.

Kandungan air pada buah ini sangat tinggi yaitu sekitar 80 persen dengan kadar protein sekitar 0,8 gram. Sedangkan kadar serat pada buah ini sekitar 3,2 gram.

Terdapat banyak jenis vitamin yang terkandung pada buah ini, namun yang paling banyak adalah vitamin E. Kandungan vitamin E dalam seratus gram buahnya mencapai 1, 65 mg atau sekitar sebelas persen.

Selanjutnya disusul dengan vitamin A yang dengan presentasi hingga dua persen. Sedangkan kandungan mineral yang cukup banyak adalah sodium yang mencapai empat puluh sembilan persen.

Beberapa lemak yang terdapat pada buah ini diantaranya omega 9, omega 6 dan omega 3. Oleh karena kandungan nutrisi ini, sehingga manfaat buah zaitun sangat penting bagi tubuh.

Manfaat Buah Olive bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat dari buah satu ini diantaranya dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan olive memiliki asal oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh.

Asam lemak ini akan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Dari beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan jika buah ini dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, buah olive juga bisa mencegah penyakit kanker karena kandungan antioksidan dan anti peradangan yang ada di dalamnya. Sebagaimana diketahui jika perkembangan sel kanker disebabkan karena oksidasi kronis.

Jika anda memiliki masalah  asam urat maupun rematik, mengonsumsi buah ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Zaitun dipercaya dapat mengurangi rasa sakit serta iritasi pada sendi dan otot.

Lemak tak jenuh pada buah ini bisa menurunkan resiko kanker usus. Kandungan nutrisi tersebut akan mengurangi radikal bebas dan menurunkan resiko batu empedu.

Untuk orang yang sudah lanjut usia, zaitun bisa menjadi makanan yang rutin untuk dikonsumsi. Pasalnya orang tua sering mengalami masalah tulang seperti osteoporosis.

Penyebab penyakit ini karena menurunnya massa tulang dan kualitas tulang sehingga pergerakannya menjadi terbatas. Kandungan kalsium yang tinggi sehingga manfaat buah zaitun dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Uniknya lagi, buah satu ini juga bisa digunakan untuk memerangi penyakit lupa ingatan yang sering dialami oleh orang tua. Hal ini dikarenakan zaitun dapat mengurangi protein jahat penyebab kerusakan pada otak.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah ini juga sering dijadikan sebagai produk kecantikan. Olive memiliki khasiat yang penting baik untuk rambut, wajah maupun kulit.

Untuk anda yang mulai menemukan tanda penuaan pada wajah, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Zaitun dapat mencegah kulit keriput dan membuat wajah anda tampak lebih muda.

Zaitun jika bisa menjadi pilihan untuk mengatasi pori pori yang besar. Bahkan buah ini juga bisa mencegah munculnya masalah kulit seperti jerawat.

Adanya antioksidan pada buah ini sehingga dapat menjaga kesehatan rambut dan menghindari kanker kulit. Manfaat buah zaitun yang lain yaitu mengatasi rambut yang sering rontok.

Itulah beberapa manfaat zaitun bagi kesehatan dan kecantikan. Anda bisa mengonsumsi buah zaitun secara langsung atau setelah diolah karena khasiatnya hampir sama.

Memang tanaman satu ini tidak sefamiliar buah yang lain seperti pisang atau apel. Kendati demikian, anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya mengingat banyak supermarket yang menjualnya.

Beberapa toko online juga sering menawarkan buah ini baik dalam bentuk segar maupun manisan. Untuk mendapatkan berbagai informasi yang lengkap, anda bisa mengunjungi Tabbayun.com.