Buah markisa umumnya dikenal dunia dengan sebutan Granadilla atau Krishna Phal. Buah markisa adalah jenis berry yang memiliki rasa asam manis dan sangat aromatik.  Buah markisa mempunyai berbagai jenis yaitu markisa berwarna ungu, warna kuning, warna emas, serta jenis hibrida seperti Kavery. Sebagai tanaman tropis, ia membutuhkan tanah berdrainase baik dengan jumlah humus tinggi dan pH netral untuk tumbuh. Buah tersebut memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Baik untuk penderita diabetes

Buah markisa mempunya indeks glikemik (GI) cukup rendah disertai dengan kandungan serat yang tergolong tinggi yaitu 10,4%. Hal tersebut membuat buah ini menjadi buah yang bagus untuk mempertahankan kadar insulin bagi penderita diabetes. Buah markisa yang memiliki kandungan serat tinggi bisa membantu anda cepat merasakan kenyang tanpa tambahan asupan kalori lain.

 

  1. Membuat kulit tampak lebih muda

Sudah bukan rahasia lagi bahwa antioksidan memiliki efek yang baik pada perawatan kulit. Buah markisa mempunyai berbagai macam antioksidan di dalam buahnya yaitu vitamin A, vitamin C, riboflavin dan karoten. Antioksidan bekerja dengan menurunkan produksi radikal bebas pada tubuh. Disisi lain, radikal bebas pada dasarnya yang dihasilkan dari sel-sel tubuh bisa menyebabkan penuaan kulit. Selain itu, khasiat anti-inflamasi yang terdapat dalam buah markisa cukup bisa membuat kulit kita tenang.

 

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan jeli, jus, atau labu buah markisa. Buah markisa sangat kaya akan Vitamin C, beta-cryptoxanthin dan alpha-karoten yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Buah ini juga memiliki zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin dalam sel darah merah kita.

 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan riboflavin atau Vitamin B6 serta niacin  atau Vitamin B3 pada buah markisa yang cukup banyak bisa digunaka tubuh meninkatkan sistem pengaturan aktivitas tiroid pada tubuh. Hal tersebut juga mencegah pengerasan dinding arteri jantung (atherosclerosis) dan menjaga fungsi jantung anda berjalan lancar.

 

  1. Mencegah osteoporosis

Buah markisa dikenal kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, zat besi fosfat, kalium dan natrium. Berbagai mineral tersebut bisa mempertahankan kualitas kepadatan tulang, membantu pemulihan tulang dengan cepat, serta mencegah osteoporosis.