Uncategorized

Mampu Obati Tifus dan Diare, Yuk Simak 5 Manfaat Cacing Tanah

Banyak orang yang merasa jijik ketika memegang cacing karena bentuknya yang panjang dan lunak. Biasanya cacing yang tinggal dalam tanah akan digunakan untuk mencari ikan di sungai atau danau. Namun cacing ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh lho. Anda bisa mengkonsumsi cacing tanah yang bertujuan untuk kesehatan. Yuk simak manfaat cacing ketika dikonsumsi oleh manusia berikut.

Manfaat Mengkonsumsi Cacing Untuk Tubuh

1 Mengatasi Peradangan

Cacing yang biasa digunakan untuk memancing ini ternyata bisa berfungsi untuk mengatasi peradangan. Proses oksidadi saat mengkosumsi cacing ini menjadi indikator serum biokimia. Cacing ini ternyata memiliki kandungan organik yang membantu untuk mengurangi peradangan akibat hiperkoagulasi. Tak hanya itu kandungan organik dalam tubuh cacing juga bisa digunakan sebagai sumplemen makanan yang bagus untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Sebagai Obat Penyakit Tifus

Beberapa orang mungkin sudah mendengar manfaat cacing ini bagus untuk mengobati tifus. Cacing ini seringkali diolah menjadi ekstrak kapsul untuk bat penyakt tifus. Bakteri salmonella yang terkandung di dalamnya mampu mengatasi penyakit tifus. Cacing tanah juga bersifat antibakteri yang akan membantu untuk melawan perkembangan bakteri dan membuat penderita bisa sembuh dengan cepat.

  1. Imunologi

Cacing yang biasa dijadikan umpan memancing ini ternyata mampu menghasilkan beberapa jenis leuksit dan menyereksi berbagai molekul imunoprotektif. Hal ini karena hewan jenis invebrata ini memiliki kekebalan bawaan yang bisa digunakna sebagai kekebalan adapted pada tubuh manusia. Sehingga dengan mengkonsumsinya, akan mampu meningkatkan imun atau kekebalan pada tubuh.

  1. Mengatasi Gangguan Pembuluh Darah

Kandungan fibrinolitik yang ada di dalam cacing ternyata mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan trombosit atau gangguan pembuluh darah. Cacing ini kerapkali dimanfaatkan untuk menjaga kondisi sel saraf di tubuh anda dalam kondisi yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan jika cacing yang tinggal di dalam tanah akan memperbaiki jalur sinyal pada sel schwan yang memiliki peran penting menyembuhkan saraf yang rusak.

  1. Mengatasi Konstipasi

Mengkonsumsi cacing tanah ternyata juga mampu mengatasi konstipasi yang merupakan masalah pencernaan buang air besar pada tubuh manusia. Konstipasi sendiri memiliki banyak resiko yang menyebabkan terjadinya luka luka di sekitar anus dan memicu timbulnya ambein. Namun dengan mengkonsumsi cacing yang penuh dengan nutrisi ini, sistem pencernaan tubuh akan kembali lanncar. Sehingga anda bisa mengeluarkan feses lebih mudah.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda rasakan ketika mengkonsumsi cacing yang hidup dalam tanah. Cacing sendiri memang dipercaya sebagai ramuan tradisional kuno yang bisa menyembuhkan beragam penyakit dalam. Konsumsilah cacing secara rutin untuk hasil dan manfaat yang maksimal untuk tubuh. Selain bagus untuk dikonsumsi, anda juga bisa menggunakannya untuk memancing ikan di sungai atau di danau dekat rumah anda.