Home Decor

Rapi dan Apik, Ini 7 Model Lemari Yang Cocok Untuk Dapur Rumah

Berbicara soal dapur, Anda pasti membutuhkan ruang penyimpanan untuk meletakkan bahan makanan dan peralatan. Nah, disinilah peran lemari dapur akan Anda perlukan sebagai tempat untuk menyimpannya. Karena itulah selain merancang desain yang pas, pemilihan furniture termasuk lemari juga penting dilakukan.

Tantangan Memilih Model Lemari Dapur

Lemari dapur sama seperti lemari untuk ruangan lainnya, yaitu untuk menyimpan barang-barang. Hanya saja, yang disimpang di dalam lemari dapur tentu saja alat-alat dapur.

Selain fungsi, estetika dan efektivitas juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai lemari membuat dapur Anda terlihat kurang enak dipandang. Lemari juga tidak boleh membuat ruangan dapur semakin sempit. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk memikirkan desain lemari dapur yang sesuai dengan luas ruangan dapur Anda.

Beruntung sekali sekarang ada banyak website yang menyediakan informasi tentang desain model lamari minimalis. Anda bisa luangkan waktu untuk mencari beberapa referensi sehingga akhirnya Anda mendapatkan pilihan yang tepat.

Yang pasti, memilih lemari tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele. Bagi Anda yang tanpa pemikiran dan perencanaan matang, memilih lemari yang sesuai untuk keperluan dapur mungkin agak menyulitkan. Bagaimana tidak, lemari jenis ini memiliki berbagai model dengan desain yang beragam. Salah-salah memilih, bukannya membuat dapur rapi, justru malah bisa menjadikannya tampak sesak.

pexels.com

Pilihan Model Lemari Dapur untuk Menambah Kesan Minimalis

Supaya tidak salah pilih baik dari segi desain maupun efisiensi pemakaian, cobalah Anda perhatikan beberapa modelnya berikut ini:

  1. Model Lemari Dapur Minimalis

Model minimalis sangat cocok untuk Anda yang suka dengan gaya simpel dan praktis. Terlebih lagi untuk dapur berukuran mungil yang mengharuskan Anda bisa mengatur ruang sehemat mungkin. Selain bentuknya, pilihlah juga warna-warna netral dan segar seperti putih, krem, abu-abu atau hijau untuk menambah kesan minimalis. Hindari lemari yang memiliki daun pintu berbahan kaca agar tidak memberi kesan penuh pada dapur minimalis Anda.

  1. Model Lemari Dapur Gantung

Agar mudah dan praktis saat mengambil peralatan masak, lemari gantung akan sangat cocok untuk tempat penyimpanan. Utamanya untuk rumah dengan gaya minimalis karena model lemari dapur ini dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Lemari model gantung ini juga terbilang lebih awet sebab ada penopangnya yang umumnya terbuat dari material kuat sehingga tahan lama.

Apalagi lemari dapur gantung ini juga tersedia dalam banyak pilihan. Mulai dari yang berbahan kayu, kaca hingga aluminium dengan model pintu bukaan atas, rak terbuka atau yang model standar.

  1. Model Lemari Dapur Kaca

Lemari dapur berbahan kaca menjadi salah satu yang paling banyak diminati sekarang ini. Desainnya yang beragam serta materialnya yang terbuat dari kaca mampu membuat dapur menjadi terlihat lebih modern dan elegan. Apalagi jika Anda adalah orang yang hobi mengoleksi piring atau alat-alat makan dan masak dengan corak yang unik untuk dipajang.

Untuk model lemari seperti ini Anda juga bisa memilih antara dikombinasikan dengan material plastik, aluminium atau kayu. Jika masih bingung menentukan pilihan, Anda juga bisa mencari lebih banyak inspirasi di FeastHome.

  1. Model Lemari Dapur Aluminium

Menggunakan lemari dapur aluminium dapat menciptakan suasana baru pada dapur Anda. Warna dari aluminium ini akan membuat dapur terlihat estetik dan elegan dalam waktu bersamaan. Kesan lebih modern juga akan tampak sangat terlihat di dapur Anda sehingga cocok untuk tren sekarang ini.

Selain tampilannya yang modern, keuntungan lain dari menggunakan lemari ini adalah Anda bisa dengan mudah membersihkan kotoran yang menempel mulai dari cipratan minyak, air atau yang lainnya. Selain itu, jika Anda ingin aluminium memiliki warna yang tidak monoton, ada juga variasi warna yang bisa dipilih.

pexels.com
  1. Model Lemari Dapur Kayu

Keberadaan lemari kayu dapat membawa kesan mewah dan kokoh pada dapur Anda. Di mana sentuhan natural dan alami dari warna kayu yang coklat mampu menambah kesan klasik pada dapur rumah. Keuntungan menggunakan lemari berbahan kayu seperti ini, Anda bisa memesan sendiri berbagai macam desain atau corak dan ukiran pada lemari, juga warna kayu yang diinginkan.

Namun sebelum membeli, pastikan Anda telah meneliti dengan cermat perihal keaslian kayu yang digunakan beserta usianya. Sebab hal ini akan berpengaruh pada kualitas kayu dan keawetan lemari. Yang mana semakin tua usia kayu yang digunakan maka semakin bagus pula kualitas lemari tersebut.

  1. Model Lemari Dapur Putih Polos

Model lemari seperti ini umumnya digunakan untuk ruangan yang tidak terlalu luas karena kesannya yang simpel dan elegan namun multifungsi. Sebab meski tampak sederhana, jika dilihat dari segi pemakaiannya lemari ini sangat praktis dan mampu menampung banyak barang di dalamnya. Ditambah lagi warnanya yang putih juga cocok untuk dapur dengan konsep apapun. Apabila tidak ingin terlalu polos, tersedia juga yang dikombinasikan dengan warna lainnya.

  1. Model Lemari Dapur Abu-Abu Coklat

Lemari ini umumnya menggunakan bahan HPL untuk material utamanya. Anda bisa mendapat lemari gantung sekaligus lemari bawah, sebab model lemari ini biasanya sepaket. Sehingga dapat memberikan kesan rapi dan sederhana namun juga aura mewah pada dapur rumah Anda.

Nah, setelah mengetahui beberapa model lemari dapur di atas, apakah Anda sudah menentukan mana yang akan Anda pilih? Selain modelnya, jangan lupa perhatikan juga fungsinya untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget yang disiapkan.