Kondisi kelopak mata yang berdenyut secara terus menerus, atau biasa disebut dengan kedutan menjadi hal yang cukup mengganggu. Mungkin, saat ini anda juga sedang mengalaminya. Terlepas dari mitos yang beredar mengenai kedutan pada mata, ternyata kedutan juga dapat dijelaskan secara medis, baik berhubungan dengan gejala atau penyakit tertentu. Berikut ini penyebab kedutan mata kiri atas yang jarang diketahui.

Penyebab Kedutan di Mata Kiri Atas

  1. Terlalu Lama Menatap Layar Smartphone

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini penggunaan smartphone tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama kalangan anak muda. Namun, tahukah anda jika menatap layar smartphone terlalu lama bisa menyebabkan otot mata menjadi lelah. Hal ini menjadi salah satu pemicu kelopak mata yang akhirnya berkedut. Kondisi ini akan semakin parah jika anda memiliki mata kering.

  1. Kurang Tidur

Penyebab mata mengalami kedutan bisa jadi karena anda kelelahan dan kurang tidur. Ketika mata digunakan untuk belajar maupun bekerja secara terus menerus, maka mata akan mengalami kelelahan. Istirahat dengan tidur yang cukup menjadi cara yang paling efektif. Namun jika anda juga kurang tidur, maka akan muncul masalah baru, seperti kantung mata yang membesar serta kedutan mata kiri atas. Selain itu, kedutan juga bisa disebabkan karena anda sedang stress.

  1. Mengkonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

Saat anda mengkonsumsi minuman kafein, maka otot tubuh akan menjadi lebih tegang. Zat kafein yang masuk ke dalam tubuh akan merangsang sistem saraf pusat, yaitu otak sehingga kesulitan tidur. Hal ini akan menyebabkan anda kurang tidur. Konsumsi kafein juga bisa menyebabkan mata bagian kiri atau kanan atas mengalami kedutan. Selain pada kopi, kafein juga bisa ditemukan pada teh atau coklat.

  1. Merokok dan Minum Alkohol

Rokok mengandung zat kimia tertentu yang apabila masuk ke dalam tubuh, dapat menyebabkan saraf kelopak mata menjadi tegang. Apalagi jika merokok disertai dengan konsumsi minuman beralkohol. Jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kelopak mata akan bergetar tanpa berhenti, serta dapat memicu penyakit kronis yang lain.

  1. Multiple Sclerosis

Selain kebiasaan yang kurang baik, kelopak mata yang berdenyut tak kunjung berhenti, juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu, seperti multiple sclerosis. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang dipengaruhi oleh sistem saraf pusat dan sumsum tulang belakang. Multiple sclerosis disebabkan karena kesalahan sistem imun saat mengenali sel tubuh sehat pada otak dan sumsum tulang belakang. Salah satu gejala dari penyakit ini, yaitu kedutan mata kiri atas.

Kedutan pada kelopak mata bagian kiri seringkali dikaitkan dengan mitos buruk. Alih alih mempercayai makna yang belum pasti, ada baiknya anda memeriksa kebiasaan kurang baik yang biasa dilakukan seperti terlalu lama menatap layar smartphone atau mata yang kurang istirahat. Dengan menghindari kebiasaan tersebut, maka kedutan yang anda alami akan lebih cepat hilang.