Pengetahuan

KANDANG TERNAK MURAI BATU DAN BAGAIMANA PERAWATANNYA

Dalam merawat burung, tentu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan mulai dari burung itu sendiri hingga memikirkan bagaimana perawatan terbaik untuk burung piaraan anda. Salah satu burung yang menjadi favorit untuk dipelihara adalah burung murai batu. Murai merupakan salah satu jenis burung yang sangat cantik. Untuk membuat kualitas burung murai batu anda menjadi lebih sehat dan juga berkualitas, tentu saja harus perhatikan bagaimana perawatan burung itu sendiri. Anda bisa melihat juga bagaimana kandang atau sangkar yang anda akan buat untuk burung burung tersebut.

Burung murai batu akan sangat indah dan juga lebih berkualitas jika anda memang merawat burung ini dengan baik. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk membuat burung murai anda menjadi lebih sehat, suaraburung.co.id akan memberikan tips mudah dalam membuat burung murai anda menjadi lebih sehat dan juga berkualitas. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pengembunan burung

Salah satu yang harus anda lakukan rutin adalah pengembunan burung. Coba anginkan burung murai sekitar 30 menit pada pagi hari sebelum anda memandikan burung anda. Hal ini akan menjadikan burung tidak kaget dan juga dapat merasakan hawa yang segar dan mempunyai burung menjadi berkualitas dan tidak gampang sakit. Burung harus anda anginkan secara rutin sebelum anda mandikan burung tersebut.

 
pxhere.com
  1. Mandikan burung

Setelah burung murai batu anda selesai anda anginkan, anda langsung bisa memandikan burung dengan cara menyemprotkan air pada burung tersebut. Cobalah untuk mandikan dengan semprotan yang lembut agar burung tidak kaget dan menghindar. Mandikan burung dengan rutin agar tetap sehat dan mempunyai bulu yang berkilau dan juga sehat.

  1. Jaga kebersihan kendang

Bersihkan kandang burung anda dengan rutin dan juga selalu ganti air minum setiap hari. Kandang atau sangkar yang bersih akan membuat burung anda menjadi lebih sehat dan juga bisa beraktivitas dengan baik. Kandang burung harus tetap bersih dan juga segar sehingga akan membuat burung semakin sehat dan juga lincah.

  1. Makan tepat waktu

Beri burung anda makanan dengan tepat waktu. Burung anda bisa makan jangkrik, cacing, kroto dan makanan lain yang mungkin disukainya. Anda bisa memberikan pakan dengan rutin di pagi dan sore hari. Untuk kroto anda bisa berikan seminggu sekali. Dalam sekali makan, burung murai bisa memakan 5 jangkrik dan pastikan anda memberikan makan yang tepat waktu agar burung anda sehat dan tidak mudah sakit. Burung murai akan suka makan dan minum jika memang dalam keadaan sehat.

  1. Jemur burung

Jemur burung kurang lebih 10-30 menit setiap hari agar memastikan burung tetap sehat dan juga kuat. Jemur burung dan kenakan sinar matahari secara rutin dna pastikan bahwa burung murai anda tidak melihat burung murai lain ketika anda sedang menjemurnya. Burung murai yang sehat akan memberikan anda banyak energi dan tidak akan mudah sakit jika selalu rutin dijemur untuk menambah kebugaran burung dan agar tidak cepat bosan.

pxhere.com
  1. Angikan burung

Anginkan burung murai agar dapat menikmati udara segar pada pagi atau sore hari. Burung murai akan sangat membutuhkan udara yang segar sehingga anda akan perlu menganginkan burung ini secara rutin. Biarkan ia mendapatkan angin yang cukup agar tubuhnya juga tidak lembab dan dapat menghindarkan burung dari segala macam penyakit yang bisa hinggap pada bulu atau juga badannnya.

  1. Pemasteran burung

Anda bisa lakukan pemasteran burung pada pagi hingga sore hari. Hal ini akan bisa membuat burung dapat mengeluarkan suara yang terbaik dan bisa berkicau. Kicau burung yang bagus akan memberikan ciri bahwa burung anda sehat dan dapat berkicau dengan riang. Lakukan pemasteran burung dengan rutin agar dapat membuat burung anda tidak stress dan juga dapat mengeluarkan suaranya yang paling terbaik. Lakukan semua hal yang bisa membuat anda menjadi salah satu burung yang dapat mempunyai kualitas suara yang terbaik dan juga dilombakan dalam kontes suara burung.

  1. Amati karakter burung

Selalu amati karakter burung anda sehingga tentunya akan membuat burung anda menjadi lebih sehat. Amati bagaimana aktivitas makan burung anda, apa yang ia sukainya dan seberapa banyak ia dapat makan. Mengamati aktivitas burung akan berdampak besar bagi kesehatan dan juga kebugaran burung anda. Burung juga dikenal dapat stress jika tidak sesuai dengan apa yang ia mau, maka lakukan pengamatan dan tentu saja ini akan membuat burung anda menjadi  lebih sehat dan kuat. Pakan yang diberikan juga sesuai dengan waktu waktu yang burung mau secara rutin dan makanan apa yang menjadi favoritnya.

  1. Buat kendang seperti habibat asli

Buatlah kandang burung anda menjadi kandang yang seperti habibatnya di alam liar. Anda perlu membuat kandang yang cukup besar karena burung murai senang terbang keliling kandang. Anda bisa membuat pohon pohon atau dahan dahan untuk burung anda dapat beraktivitas dengan baik dan seperti berada di tempat aslinya, ini akan membuat burung tetap sehat.