Bisnis

Berbagai Channel yang Bisa Anda Manfaatkan untuk Jualan Parfum Laundry

Anda berencana untuk menjalankan bisnis jual parfum laundry? Yang pasti, ini peluang yang sangat menarik. Hanya saja, Anda harus tahu bagaimana cara menangkap peluang ini dengan baik.

Ada banyak sekali orang yang tahu betapa gurihnya jualan parfum laundry. Sekarang ini, banyak sekali penyedia jasa laundry. Hanya saja, terkadang mereka tidak sempat untuk membuat parfum laundry sendiri. Membeli parfum di minimarket jelas bukan pilihan bijak karena otomatis mereka harus mengeluarkan budget yang tinggi untuk membeli parfum semacam itu.

Di sisi lain, tidak jarang juga ibu-ibu rumah tangga yang lebih tertarik menggunakan parfum yang digunakan laundry. Mereka tahu wangi parfum tersebut lebih tahan lama dan harganya lebih murah.

Itulah mengapa pelung jual parfum laundry ini sangat terbuka lebar. Hanya saja Anda harus benar-benar tahu bagaimana menangkap peluang ini.

4 Media Online Efektif untuk Jualan Parfum Laundry

Pixabay.com

Sekarang serba online. Apapun sepertinya sudah dijual dan ditawarkan secara online. Untuk itu, Anda harus menggunakan media online yang ada. Jika Anda serius menjalankan bisnis ini, lakukan marketing online secara masif. Artinya, Anda harus gunakan semua channel online yang ada untuk jualan.

Apa saja itu?

  1. Marketplace

Yang pertama adalah marketplace. Ini cara jualan online yang paling mudah. Selain itu, Anda tidak perlu keluar uang. Karena berjualan di marketplace itu gratis. Buka satu toko di masing-masing marketplace yang ada sekarang. Lalu, lakukan optimasi.

Apa yang dimaksud dengan optimasi? Anda harus tahu ada banyak sekali kompetitor Anda yang jualan parfum untuk kebutuhan laundry di marketplace. Itu artinya persaingan ketat.

Calon pembeli biasanya menggunakan fitur pencarian di marketplace jika ingin membeli sebuah produk. Toko Anda harus muncul di bagian paling atas jika ingin ditemukan oleh calon pembeli. Itulah mengapa Anda harus melakukan optimasi agar toko Anda yang muncul di firur pencarian, bukan toko kompetitor.

Cara mengoptimasi mudah. Tuliskan nama produk sesuai dengan kata kunci yang banyak digunakan para calon pembeli parfum laundry. Gunakan gambar yang paling bagus. Tentukan harga yang paling kompetitif. Berikan layanan yang terbaik, misalnya saja Anda harus merespon orderan secepat mungkin. Itulah cara mudah optimasi toko di marketplace.

  1. Media sosial

Selain memasarkan produk parfum di marketplace, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial. Ini tidak hanya media untuk bersosialisasi dengan teman, saudara, atau kerabat. Ini juga bisa Anda gunakan untuk jualan.

Ada banyak sekali jenis media sosial. Gunakan media sosial yang paling banyak dipakai oleh calon konsumen Anda. Saat ini, yang paling banyak digunakan adalah Facebook dan Instagram. Buka akun di dua media sosial tersebut.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Lakukan personal branding bahwa Anda seorang penjual parfum untuk laundry. Mulailah membuat postingan edukatif dan informative mengenai kebersihkan pakaian, tips merawat pakaian, tips mencuci, dan lain sebagainya. Sesekali Anda posting barang jualan Anda. Bisa juga Anda bagikan link toko online yang Anda buat di marketplace. Jadi, calon pembeli tidak hanya bisa membeli melalui media sosial tapi juga melalui toko Anda di marketplace.

  1. Youtube

Tahukah Anda pengguna Youtube semakin meningkat? Ini bisa Anda manfaatkan sebagai media jualan.

Apakah Anda tahu apa yang mereka cari di Youtube? Biasanya, mereka mencari hal-hal yang bersifat informatif. Misalnya saja bagaimana cara membuat sesuatu. Dalam hal ini, Anda bisa buat konten youtube tentang bagaimana cara membuat parfum. Kemudian Anda bagikan nomor hp Anda agar mereka yang tidak ingin repot membuat parfum bisa membeli parfum dari Anda.

Sertakan juga toko online di marketplace. Karena biasanya orang yang tidak kenal Anda lebih percaya jika transaksi dilakukan di marketplace.

  1. Toko Online

Pixabay.com

Agar lebih profesional, Anda juga harus memiliki toko online sendiri. Jadi, Anda punya toko online di marketplace. Istilahnya ini cabang toko Anda. Sementara itu, toko pusatnya adalah website toko online Anda.

Ada banyak sekali tutorial bagaimana cara membuat toko online sederhana. Beli domain, hosting, dan pasang template toko online di platform yang Anda pilih.

Memang butuh waktu yang lama untuk melakukan semua itu. Namun, ketika Anda sudah dikenal sebagai orang yang jual parfum laundry, Anda akan merasakan manfaatnya, Lakukan marketing online secara masif. Gunakan semua channel yang ada. Itu hal pertama yang bisa Anda lakukan.