Pengetahuan

Jalur Pendakian Gunung Agung, Gunung Tertinggi di Pulau Dewata

 

Gunung Agung merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Pulau Dewata. Itulah kenapa jalur pendakian Gunung Agung selalu menjadi incaran para pendaki menikmati keindahan Bali dari atas ketinggian. Terlebih lagi masyarakat Hindu di Bali juga percaya bahwa gunung ini adalah tempat sakral bersemayamnya para dewa. Bisa mendaki dan mencapai puncak tentunya akan menjadi pengalaman yang istimewa.

Gunung yang berlokasi di kecamatan Rendang, Karangasem, Bali ini memiliki tiga jalur pendakian. Pertama yaitu via Pura Besakih di kecamatan Rendang, kedua via Pura Pasar Agung dari kecamatan Selat, dan ketiga adalah via Budakeling lewat nangka. Jalur yang paling umum digunakan para pendaki adalah jalur Pura Besakih. Karena dari jalur ini pendaki dapat naik hingga puncak tertinggi di 3.142 mdpl.

Sedangkan jalur pendakian via pura Pasar Agung sekarang ini terbilang sangat jarang dan bahkan tidak pernah dilewati pendaki. Sebab meski tempo pendakian lebih cepat, tetapi jalur ini tidak mengantarkan sampai puncak tertinggi, melainkan hanya sampai pada puncak berketinggian 2.850 mdpl saja.