Uncategorized

Inilah 2 Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Cegukan yang terjadi pada bayi atau balita merupakan kondisi normal dan tidak berbahaya. Maka dari itu, ibu tidak perlu khawatir jika sang buah hati mengalami cegukan. Kondisi ini terjadi karena mekanisme kontrol untuk refleks-nya belum berkembang dengan sempurna. Bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut? Lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

2 Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

  1. Memeluk Bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi yang baru lahir adalah dengan memeluknya. Memeluk bayi ternyata mampu memberikan ketenangan ketika ia sedang cegukan. Setelah memberikan pelukan dalam beberapa menit kondisi tersebut sudah berhenti dan kembali normal.

  1. Mengganti Posisi Menyusui

Ketika sedang menyusui si kecil seringkali udara juga ikut masuk ke dalam mulut bayi. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya cegukan. Cara mengatasinya yaitu dengan mengubah posisi menyusui.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari Saat Bayi Cegukan

Banyak mitos yang berkembang dan beredar di masyarakat mengenai cara mengatasi cegukan pada bayi. Mitos yang beredar itu banyak yang mempercayainya padahal kebenarannya belum terbukti secara ilmiah. Namun, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika bayi sedang cegukan, antara lain:

  • Menarik lidah bayi atau menekan bagian dahi saat si kecil cegukan
  • Memberi bantuan pernapasan
  • Membuat bayi kaget
  • Menakut-nakuti bayi ketika sedang cegukan
  • Meletakkan kain basah pada dahi