Pengetahuan

Aquarium Yang Memelihara Ikan Yang Terbesar Di Dunia

Berbicara mengenai ikan yang terbesar di dunia, maka tidak akan jauh-jauh dari ikan hiu paus. Meskipun ikan tersebut dikenal sebagai ikan terbesar di dunia, namun kini terdapat cukup banyak aquarium yang berisi ikan tadi. Pastinya akuariumnya sendiri memiliki kualitas yang sangat bagus. Seperti halnya aquarium yang sering dibuat oleh Aqua World.

Siapa yang tidak mengenal ikan hiu dan paus. Spesies yang bernama latin rincodon typus ini dikenal sebagai ikan terbesar di dunia. Sebab ikan ini bisa tumbuh sepanjang 22 meter dengan berat 20 ton. Namun pada tahun 2016 lalu, IUCN (International Union for Conservation of Nature) menetapkan status hiu paus sebagai endangered atau spesies yang terancam punah.

Dulu, ikan ini hanya bisa dijumpai di habitat aslinya. Habitat asli ikan ini tersebar di kawasan Samudra Atlantik, perairan Indo-Pasifik, dan Samudra Hindia. Tetapi sejak sekitar satu dekade belakangan, ikan ini mulai diangkut ke akuarium-akuarium. Tujuannya untuk dipelihara dan beragam kepentingan lainnya. Mulai dari penelitian, pendidikan, hingga pariwisata.

Georgia Aquarium Di Atlanta Amerika Serikat

Berstatus sebagai aquarium terbesar di dunia, tempat ini total menampung sekitar 8,5 juta galon air laut yang diisi sekitar 120.000 biota dari ratusan spesies yang berbeda. Georgia Aquarium juga terkenal karena mengoleksi berbagai satwa laut langka, termasuk hiu paus.

Gorgia Aquarium dikelola oleh sebuah organisasi non-profit. Yang mana keuntungan yang dihasilkan dari kunjungan para wisatawan dialokasikan untuk mendukung gerakan pelestarian dan penelitian biologi kelautan yang ada di seluruh dunia.

Churaumi Aquarium di Okinawa Jepang

Memiliki daya tampung 1,9 juta ton galon air laut, membuat Churaumi Aquarium menjadi aquarium terbesar nomor dua setelah Gorgia Aquarium. Aquarium ini berisi sekitar 26.000 biota laut. Selain dikenal sebagai tempat wisata edukasi, tempat ini juga dijadikan sebagai research center untuk pengembangan biologi kelautan.

Dan salah satu proyek yang sedang dikerjakan di tempat ini adalah penelitian tentang reproduksi hiu paus. Sejak beberapa tahun terakhir, para ilmuan di sana melakukan berbagai usaha ilmiah untuk mengawinkan hiu paus. Jika usaha tersebut berhasil maka menjadikan Churaumi Aquarium sebagai laboratorium pertama yang bisa membuat hiu paus berkembang biak di luar habitat aslinya.

Pro Dan Kontra Memelihara Ikan Yang Terbesar Di Dunia

Sebenarnya selain Amerika Serikat dan Jepang, di China dan Taiwan juga terdapat aquarium hiu paus sejenis. Meskipun ukuran tangkinya berbeda-beda. Terlepas dari itu semua, rata-rata semua aquarium tersebut mengusung visi dan misi yang sama. Mendukung pelestarian fauna, penelitian, dan wisata edukasi untuk masyarakat umum.

Meskipun demikian, tidak semua orang yang setuju terhadap visi dan misi tersebut. Terdapat cukup banyak kalangan yang beranggapan jika ikan yang terbesar di dunia seperti hiu paus semestinya  dilestarikan di habitat aslinya. Bukan justru dipindahkan ke aquarium untuk dipelihara.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terbesar Di Dunia

Memelihara ikan hias air tawar termasuk jenis hobi yang memiliki cukup banyak manfaat. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Plymouth University dan University of Exeter pada tahun 2015, memandangi akuarium memiliki efek positif secara fisik dan psikologis.

Menurut hasil riset tersebut, memandangi ikan yang berenang di akuarium bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Bahkan tidak hanya sebatas itu saja, dikatakan juga jika mampu memperbaiki mood dan meningkatkan konsentrasi.

Apalagi jika didukung dengan akuarium yang berkualitas dengan desain yang eksotis seperti yang selalu dibuat oleh Aqua World. Pastinya efek positif dari memelihara ikan hias di akuarium menjadi semakin terasa.

Cara memelihara ikan hias air tawar pun cukup mudah. Hal ini disebabkan pembuatan ekosistem air tawar di akuarium tidak serumit ai laut. Pasalnya pada akuarium air laut harus memperimbangkan cukup banyak hal. Misalnya saja seperti kadar oksigennya.

Sementara itu, berbicara mengenai aneka jenis ikan hias air tawar pun memiliki beragam spesies. Ada yang berukuran mungil, sedang, dan bahkan ada yang berukuran besar. Nah, bagi Anda yang ada niatan untuk memelihara ikan hias air tawar yang berukuran besar, ada beberapa jenis ikan hias yang layak untuk diprioritaskan. Misalnya saja seperti ikan hiu air tawar.

Selain ikan hiu air tawar, ikan arapaima gigas juga bisa Anda coba pelihara. Kemudian ada juga ikan alligator gar, ikan arwana, ikan louhan, ikan oskar, ikan catfish, ikan knifefish, ikan discas, dan lain sebagainya. Yang kesemuanya termasuk jenis ikan yang terbesar di dunia yang bisa dipelihara pada akuarium yang ada di rumah.