Bila anak sakit demam sering kali membuat para orang tua panik. Apalagi jika suhu naik hingga diatas 37 derajat celcius, yang menandakan radar waspada bagi si kecil. Untuk itu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, anak butuh pertolongan pertama. Bukan dari obat-obatan kimia, melainkan anda bisa memanfaatkan obat herbal atau bahan-bahan alami. Berikut beberapa cara mengatasi anak demam tanpa obat, simak ulasannya disini.

Pakai Cara Alami untuk Mengobati Si Kecil

  1. Jaga Agar Tidak Dehidrasi

Demam menyebabkan tubuh mengalami peningkatan metabolisme. Sehingga tubuh dapat kekurangan cairan dengan cepat, itulah yang akan terjadi pada anak. Tidak heran selama demam tubuhnya melemas, dan cenderung pucat. Maka orang tua perlu melakukan siaga satu dengan terus memberikan air putih. Bila perlu sisipkan buah yang telah dihancurkan untuk menghindari potensi dehidrasi.

  1. Gosok Tubuh dengan Air Hangat

Banyak orang keliru memahami bahwa anak demam dikompres dengan air dingin. Padahal secara kesehatan, air dingin justru menyebabkan pembuluh darahnya mengerut. Sehingga panas dalam tubuh lebih sulit untuk keluar. Lain cerita apabila menggunakan air hangat, cara mengatasi anak demam tanpa obat ini bisa mengeluarkan panas tubuh. Selain itu air hangat cenderung melembabkan kulit, serta membuka pori-pori pada tubuh.

  1. Berikan Asam Jawa

Asam Jawa mengandung antipiretik yang bisa mencegah demam pada anak. Anda bisa merebusnya kemudian diambil sarinya untuk diminum. Boleh langsung dari hasil air rebusan tersebut yang diberi gula. Atau agar si buah hati mau meminumnya anda dapat membuat teh yang diberi asam jawa. Bila perlu ajak anak mandi yang mana di dalam bak sudah anda rendami asam jawa.

  1. Berikan Lemon dan Madu

Lemon yang dipadukan dengan madu cenderung efektif untuk mengurangi demam. Pasalnya kombinasi minuman ini dapat memperkuat kekebalan tubuh. Anda dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalam perasan air lemon. Kemudian campur menjadi satu dan minumkan kepada si kecil. Rasa enak dan menyegarkan banyak disukai oleh anak-anak jadi anda bisa memberikannya secara rutin.

  1. Minum Air Kelapa

Sejak zaman dulu air kelapa digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan vitamin, mineral, dan elektrolit mampu bekerja secara efektif untuk megisi cairan tubuh. Sehingga anak tetap terhidrasi meskipun panas tubuh berusaha menyedot seluruh cairannya. Si kecil pun bisa pulih dengan cepat tanpa bantuan obat-obatan kimia.

Ketika anak demam pasti membuat panik para orang tua, karena berpotensi munculnya beragam penyakit susulan. Selain itu tubuh anak melemas sebab cairan tubuhnya terus hilang. Hal ini tentu membuat hati para ibu tidak tega melihat si kecil kesakitan. Maka dari itu untuk menurunkan suhu tubuh, anda bisa memberikan pengobatan dengan cara alami. Jangan terburu-buru berikan obat-obat kimia, yang bisa saja memicu gejala lainnya.