Kesehatan Pengetahuan

Hari Olahraga Nasional (Haornas)

Banyak momen yang dikenang atau diperingati di berbagai tempat di dunia ini. Hari hari besar seperti hari raya, hari kemerdekaan, hingga hari olahraga, pastinya dijadikan sebagai momen perayaan.

Nah, ngomong ngomong soal hari besar, di tanah air sendiri juga banyak yang diperingati. Salah satunya hari olahraga.

Tentu saja, hal ini karena olahraga menjadi hal penting bagi Indonesia. Sehingga momen ini layak dijadikan perayaan. Hari olahraga yang diperingati di Indonesia, adalah hari olahraga nasional atau biasa disebut Haornas.

Ditetapkan oleh presiden Soeharto pada tanggal 9 September tahun 1983, hari olahraga nasional pada tahun 2020 ini sudah diperingati yang ke 37.

amun agak berbeda dari tahun tahun sebelumnya, perayaan hari olahraga nasional tahun 2020 ini dilaksanakan secara visual akibat wabah virus Corona yang masih melanda Indonesia dan dunia. Meski demikian, semangat perayaan masih tetap terjaga. Untuk para Pecinta Olahraga silahkan simak selengkapnya artikel ini untuk mengetahui fakta dan sejarah hari olahraga nasional.

Fakta dan sejarah Hari olahraga nasional

Setiap tanggal 9 September, diperingati sebagai hari olahraga nasional (Haornas) di Indonesia. Pada tahun 2020 ini, hari olahraga nasional sudah memasuki yang ke 37, jatuh pada hari Rabu.

Hari olahraga nasional juga ditandai dengan berbagai pencapaian prestasi olahraga Indonesia sampai saat ini.

Oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga, hari olahraga nasional pada tahun 2020 ini diharapkan jadi titik awal implementasi sport science dalam olahraga nasional.

Nah, artikel berikut ini akan mengulas tentang beberapa fakta dan sejarah tentang hari olahraga nasional. Simak selengkapnya berikut ini :

1. Fakta Hari Olahraga Nasional diperingati Setiap Tanggal 9 September

Sebenarnya, awalnya tanggal 9 September adalah tanggal kali pertama PON atau pekan olahraga Nasional diselenggarakan di tanah air setelah merdeka. Waktu itu, PON dilaksanakan di Solo(Surakarta) Jawa Tengah, pada tahun 1948. Kemudian, pada tanggal itu digunakan untuk peringati hari olahraga nasional setiap tahun.

Pekan Olahraga Nasional yang pertama kali itu, diikuti oleh sebanyak 600 atlet untuk sembilan cabang olahraga. Waktu itu yang jadi juara adalah  karesidenan Surakarta, dengan meraih sebanyak 36 medali.

2. Fakta pekan olahraga Nasional (PON) Diselenggarakan Karena Indonesia Gagal Ikut Olimpiade di Inggris pada tahun 1948

Fakta diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional sendiri, lantaran Indonesia gagal ikuti olimpiade musim panas di London pada tahun 1948. Waktu itu, padahal persiapan sudah dilakukan oleh persatuan olahraga republik Indonesia (PORI) dan oleh komite olimpiade republik Indonesia (KORI). namun sayangnya kedua lembaga menemui banyak hambatan. Sehingga tak berhasil bawa tanah air ikuti olimpiade.

Selain itu, waktu itu Indonesia belum diakui sebagai anggota international Olympic Committee (IOC). Sejumlah delegasi Indonesia juga tak bisa berangkat ke Inggris lantaran paspornya belum diakui Pemerintah Inggris.

3. Fakta Hari Olahraga Nasional pertama kali ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 9 September tahun 1983

Ternyata, hari olahraga nasional pertama kali ditetapkan oleh presiden Soeharto pada tanggal 9 September tahun 1983. meski PON pertama kali ditetapkan presiden Soekarno pada 9 September.

Kemudian sejak waktu itu, Hari olahraga Nasional untuk pertama kalinya resmi diperingati pada tanggal 9 September tahun 1983. Dan dengan demikian, pada tahun 2020 ini jika dihitung dari tanggal peresmiannya, Hari olahraga nasional sudah diperingati yang ke 37.

4. Fakta Kegiatan Hari olahraga nasional tiap tahun, dari perayaan sampai Penghargaan

pada tahun 2019 hari olahraga Nasional diperingati dengan semarak di tanah air dengan berbagai perayaan termasuk di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang diselenggarakan oleh kementerian pemuda dan olahraga atau kemenpora.

Setiap tahunnya pada hari olahraga Nasional juga diberikan penghargaan oleh kemenpora untuk pihak pihak yang telah memberikan sumbangsihnya terhadap olahraga Nasional.

5. Kegiatan Hari Olahraga Nasional 2020 diisi dengan tema Sport Science

Pada tahun 2020 ini hari olahraga Nasional juga diperingati. namun ada perbedaan dibanding perayaan atau peringatan sebelumnya karena pada tahun ini dilaksanakan pada saat pandemi covid 19 yang melanda secara global dan juga di tanah air.

Nah di tahun 2020 ini, hari olahraga Nasional kemenpora mengangkat tema sport science sebagai tema besarnya. adapun beberapa kegiatan dan lomba ini dilakukan secara visual. Untuk acara Praha hari olahraga Nasional ini sendiri digelar sudah sejak tanggal 1 Februari 2020 lalu.

Menteri pemuda dan olahraga zainudin Amali, meminta dan ajak masyarakat untuk jadikan hari olahraga nasional sebagai momen yang tak hanya berkaitan dengan olahraga dan kebugaran saja. Tapi juga sebagai momen untuk mendorong prestasi olahraga, dengan suport dari sport science serta pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat sport industry dan sport tourism.

Nah itulah tadi informasi tentang beberapa fakta dan sejarah hari olahraga nasional, yang diperingati setiap tanggal 9 September. Meski kali ini dilaksanakan di tengah pandemik covid 19 yang masih melanda Indonesia dan dunia, namun semangat perayaan hari olahraga nasional semestinya tetap terjaga. Sehingga dijadikan momen untuk tingkatkan prestasi olahraga di tanah air. Semoga informasi ini bermanfaat.